4 Terduga Teroris di Jakarta-Bekasi Ditangkap, Polisi Telusuri Pelaku Lain

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 16:27 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus
Kombes Yusri Yunus (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tim Densus 88 Antiteror menangkap empat terduga teroris dari empat lokasi berbeda mulai di Jakarta hingga Kabupaten Bekasi. Para pelaku lain dari penangkapan empat orang ini kini dalam pengembangan petugas.

"Teman-teman dari Densus 88 sekarang masih bekerja untuk melakukan pemeriksaan, pendalaman, terhadap para tersangka yang kita amankan. Bisa berkembang lagi kita lakukan pengejaran kepada pelaku-pelaku yang lain," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Menurut Yusri, kerap kali dalam tiap penangkapan terduga teroris akan selalu memunculkan nama-nama pelaku lainnya. Untuk itu, petugas dari Densus 88 kini terus melakukan pemeriksaan untuk mengungkap jaringan dari empat teroris yang telah diamankan.

"Memang ini masih dilakukan pemeriksaan, termasuk apakah ada tersangka lain ini akan berkembang terus. Biasanya setiap ada penangkapan satu (pelaku teroris) akan terjadi lagi beberapa pelaku lain. Ini yang masih kita dalami lagi," papar Yusri.

Keempat terduga teroris telah ditangkap Tim Densus 88 Antiteror pada Senin (29/3). Empat pelaku tersebut berinisial HH (56), ZA (37), BS (43), dan NAJ (46) diamankan mulai di daerah Condet, Jakarta Timur, Kabupaten Bekasi, Pademangan, Jakarta Barat, hingga Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain mengamankan barang bukti berupa 5 bom aktif, petugas juga mengamankan sejumlah atribut dari FPI, ormas yang telah dilarang pemerintah. Temuan tersebut pun kini tengah didalami Tim Densus 88 untuk memastikan empat teroris itu dengan ormas FPI.

"Saya katakan tadi korelasi antara ormas terlarang apakah memang mereka tersangkut ini masih dilakukan pendalaman oleh tim penyidik Densus 88," ujar Yusri.

Selain itu, Yusri mengatakan, dari temuan awal, belum ditemukan adanya keterkaitan antarempat teroris yang diamankan Senin (29/3) dengan aksi teroris di Makassar. Tujuan dan motivasi dari empat teroris ini masih terus digali oleh petugas.

"Motivasi dan arahnya ke mana ini masih didalami oleh teman-teman Densus 88," pungkas Yusri.

Simak Video: Selain Condet-Bekasi, Terduga Teroris Lain Diamankan di Ciputat-Pademangan

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/knv)