Ketua Divisi di KPU Sorong Selatan Dicopot Gegara Bikin Debat Kandidat Batal

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 14:58 WIB
Palu Hakim. Ari Saputra. Ilustrasi
Ilustrasi putusan (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencopot anggota KPU Kabupaten Sorong Selatan, Nahum Krimadi, dari jabatan Ketua Divisi Teknis. Dia dicopot karena dinilai bersalah membuat debat kandidat tidak terlaksana akibat 3 pasangan walkout.

"DKPP menilai serangkaian peristiwa keberatan dari peserta Pemilihan sehingga tidak terlaksana Debat Publik Pasangan Calon tanggal 16 November 2020 merupakan tanggung jawab Teradu II Nahum Krimadi selaku Divisi Teknis," demikian bunyi putusan DKPP yang dikutip detikcom, Selasa (30/3/2021).

Putusan itu diketok oleh 7 anggota DKPP, yakni Muhammad, Alfitra Salam, Teguh Prasetyo, Didik Supriyanto, Ida Budhiati, Mochammad Afifuddin dan Pramono Ubaid Tanthowi. Dalam kasus ini, tiga pasang calon walkout dari debat karena menilai satu calon tidak memenuhi syarat menjadi calon wakil bupati.

"Nahum sebagai leading sector Divisi Teknis berdasarkan hasil verifikasi faktual kepada instansi yang berwenang mempunyai tugas dan tanggung jawab memberi masukan kepada koleganya agar bersikap transparan dan akuntabel menyampaikan hasil verifikasi faktual dokumen pemenuhan syarat calon Wakil Bupati Alfons Sesa," ujar DKPP.

Sehingga tidak menimbulkan prasangka buruk dan/atau tuduhan adanya pemihakan kepada Paslon tertentu. DKPP menilai KPU Sorong Selatan tidak terbuka dalam menyampaikan informasi kepada publik.

"Dengan demikian, para Teradu terbukti tidak akuntabel dan terbuka dalam menyampaikan informasi kepada publik. Para Teradu terbukti melanggar ketentuan Pasal 6 ayat (2) huruf d, Pasal 6 ayat (3) huruf d, Pasal 9 huruf a, Pasal 12 huruf e, Pasal 13 huruf a, dan Pasal 16 huruf d Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu. Dengan demikian, dalil aduan Pengadu terbukti dan jawaban para Teradu tidak meyakinkan DKPP," ujarnya.

Tonton juga Video: Komisi II Cium Ego Sektoral dari KPU-DKPP

[Gambas:Video 20detik]