Disebut Hampir Rampung, Begini Kondisi Kolam Olakan Jl RE Martadinata Ancol

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 13:42 WIB
Kondisi kolam olakan dan saluran air di Jalan RE Martadinata, Ancol Jakarta Utara, Selasa (30/3/2021).
Foto: Kadek Melda Luxiana/detikcom
Jakarta -

Kolam olakan dan saluran air untuk mengatasi banjir di Jl RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara, masih dalam proses pengerjaan. Disebut pekerjaan itu hampir rampung.

Pantauan detikcom di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, Selasa (30/3/2021) pukul 12.40 WIB, para pekerja sedang menuntaskan pekerjaan saluran air. Ada lebih dari lima pekerja yang mengenakan baju warna biru berada di pinggir jalan.

Mereka terlihat sedang memasang batu untuk dibuat saluran air. Pasir dan batu terlihat berada di pinggir jalan tersebut. Beberapa pekerja lain sedang mengaduk semen dan pasir serta mengangkat batu.

Di lokasi juga terpasang sebuah plang pengerjaan proyek. Plang itu dipasang di pinggir jalan dekat saluran air. Arus lalu lintas di lokasi terpantau ramai-lancar.

"Hati-hati sedang ada pekerjaan perbaikan saluran," tulis keterangan dalam plang tersebut.

Sementara itu, kolam olakan sudah tidak ada pengerjaan. Namun di dalam kolam terlihat genangan air dan sampah-sampah bekas makanan yang berceceran.

Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Pelaksana SDA Pademangan Slamet Riyanto mengatakan proyek saluran air masih dalam pengerjaan. Dia menyebut masih ada pengerjaan saluran air sepanjang 40 meter lagi.

"Iya, kolam olakan sudah selesai, tinggal saluran saja yang belum selesai. Sekitar 30-40 meter lagi," kata Slamet melalui pesan singkat.

Sebelumnya, Slamet mengatakan proyek diperkirakan selesai akhir Maret. Namun, kini, ada kemungkinan selesai pada awal April. "Semoga saja (awal April)," ucapnya.


Seperti diketahui, Jl RE Martadinata, Ancol, kerap digenangi air dari Kali Ancol yang meluap. Sebelumnya, banjir bisa terjadi dari pagi sampai sore hari, kini, meski terkadang ada genangan, namun cepat surut.

Kondisi kolam olakan dan saluran air di Jalan RE Martadinata, Ancol Jakarta Utara, Selasa (30/3/2021).Kondisi kolam olakan dan saluran air di Jalan RE Martadinata, Ancol Jakarta Utara, Selasa (30/3/2021). (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
(aik/aik)