detikcom Do Your Magic

Pompa Sudah Terpasang di Kolam Olakan Jl Martadinata untuk Atasi Banjir

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 11:30 WIB
Progres kolam olakan di Jl Re Martadinata untuk mengatasi banjir. Telah diletakan pompa air untuk atasi banjir.
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Proyek kolam olakan dan saluran air di Jl RE Martadinata, Ancol, belum selesai sepenuhnya. Tapi pompa penyedot air sudah dipasang di kolam olakan untuk mengatasi banjir di Jl RE Martadinata.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (10/3/2021), pukul 10.15 WIB, petugas dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta masih menyelesaikan proyek tersebut. Sudah tampak sekitar 200 dari 300 meter saluran air menuju kolam olakan di pinggir Jl RE Martadinata.

Terlihat material proyek berupa bebatuan dan pasir di ujung batas galian. Papan pengumuman pun dipasang bagi pengendara yang melintas. Untuk kolam olakan, terlihat sudah rapi dengan pompa air di dalamnya.

Rata-rata, para petugas sedang memberi semen pada sisi-sisi Saluran air. Saluran air sudah membentang sekitar 200 meter dari Jembatan Lodan hingga pintu masuk motor kompleks ruko Grand Ancol Center.

Kini air muka Kali Ancol terlihat masih tinggi. Tidak terlihat air menggenang, baik di jalan maupun di Jembatan Lodan. Di tengah kesibukan petugas yang sedang mengerjakan kolam olakan terlihat beberapa warga yang sedang memancing di Kali Ancol.

Sebelumnya, proyek kolam olakan dan saluran terkendala hujan. Jika hujan datang, para pekerja tidak bisa melanjutkan proyek tersebut. "Belum (selesai), terkendala dengan hujan," ucap Kepala Satuan Pelaksana SDA Pademangan Slamet Riyanto saat dihubungi, Kamis (17/2).

Riyanto menyebut ada kemungkinan proyek selesai pada Maret. Pada bulan itu, diperkirakan cuaca lebih cerah dan tidak banyak hari hujan.

Progres kolam olakan di Jl Re Martadinata untuk mengatasi banjir. Telah diletakan pompa air untuk atasi banjir.Progres kolam olakan di Jl Re Martadinata untuk mengatasi banjir. Telah diletakkan pompa air untuk atasi banjir. (Afzal Nur Iman/detikcom)
(aik/aik)