detikcom Do Your Magic-

Kolam Olakan untuk Atasi Banjir Jl RE Martadinata Ancol Selesai Akhir Bulan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 11:30 WIB
Progres kolam olakan di Jl Re Martadinata untuk mengatasi banjir. Telah diletakan pompa air untuk atasi banjir.
Foto: Afzal Nur Iman/detikcom
Jakarta -

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara masih menyelesaikan pekerjaan kolam olakan dan saluran air untuk atasi banjir di Jl RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara. Disebutkan bahwa pekerjaan proyek sudah sampai 90 persen.

"Belum (selesai), (sudah) 90 persen. Ada sekitar 50 meter (saluran air) yang belum selesai," ujar Kepala Satuan Pelaksana SDA Pademangan, Slamet Riyanto, saat dihubungi, Selasa (23/3/2021).

Menurut Riyanto, pekerjaan kemungkinan selesai pada akhir bulan ini sehingga pada April, kolam olakan dan saluran air sudah 100 persen digunakan.

"Tapi anggota berkurang, karena bekerja di lokasi yang lain juga. Mungkin akhir bulan (selesai), sekalian kita finishing," ucap Riyanto.

Meski pekerjaan belum selesai, Sudin SDA Jakarta Utara sudah menyiapkan pompa di lokasi sehingga, ketika ada banjir atau genangan, pompa bisa berfungsi untuk mempercepat surutnya air.

"Kita sudah siap pompa. Ada pompa apung sama pompa mobile," ujarnya.

Seperti diketahui, Jl RE Martadinata, Ancol, kerap digenangi air dari Kali Ancol yang meluap. Sebelumnya, banjir bisa terjadi dari pagi sampai sore hari, kini, meski terkadang ada genangan, namun cepat surut.

(aik/imk)