Keluarga Eks Guru Besar Laporkan Pegawai Biro Rektorat USU ke Polda Sumut

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 21:58 WIB
Ruben (baju merah) usai membuat laporan di SPKT Polda Sumut
Foto: Ruben usai membuat laporan di SPKT Polda Sumut (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Keluarga mantan guru besar Universitas Sumatera Utara (USU), Profesor TMHL Tobing, mempolisikan pegawai USU. Pegawai tersebut dilaporkan atas dugaan perusakan rumah dinas saat proses pengosongan.

"Pelaporan perusakan barang-barang macam jendela, pintu," kata anak Prof TMHL Tobing, Ruben Tobing usai membuat laporan di Polda Sumatera Utara (Sumut), Senin (29/3/2021).

Ruben yang didampingi oleh kuasa hukumnya, menunjukkan surat tanda terima laporan (STTL) polisi, nomor: STTLP/624/III/2021/SUMUT/SPKT. Dalam laporannya, Ruben menuding pegawai USU melakukan tindak pidana Pasal 170 juncto 406 KUHP dengan identitas terlapor Zulham dan rekan-rekannya.

Ruben menyebut perusakan itu terjadi pada Rabu (24/3). Ruben menuturkan terlapor adalah pegawai biro rektorat USU.

"Pada Rabu, 24 Maret 2021 oleh pegawai biro rektor USU. Saudara Zulham (terlapor), kepala sekuriti USU dkk," ujar Ruben.

Ruben menilai pihak USU tidak boleh melakukan tindakan demikian. Sebab, pihak Ruben sedang melakukan proses hukum lebih lanjut di pengadilan soal rumah dinas itu.

Sementara pengacara Ruben, Ranto Sibarani menjelaskan bahwa kliennya ahli waris dari Prof TMH Tobing, pendiri daripada salah satu pendiri USU. Ranto menyebut rumah yang ditempati kliennya itu masih dalam proses persidangan di tingkat banding.

"Kenapa perusakan? Karena jelas-jelas pada tanggal 23 Maret 2021 lalu, rumah yang didiami beliau yang sedang dalam proses pengadilan yaitu terkait perkara yang saat ini diperiksa pengadilan banding, itu belum ada putusan tetap bahwa, yang bersangkutan menggugat bahwa dia berhak mendapatkan ganti rugi kalau harus di usir atau diperintahkan mengkosongkan rumah dinas tersebut," ujar Ranto.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2