5 Wakil Rektor USU Dilantik, Ada Jubir-Anak Buah Rektor Saat Jadi Dekan

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 13:23 WIB
Pelantikan Wakil Rektor USU (Datuk Haris-detikcom)
Pelantikan Wakil Rektor USU (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU) melantik lima Wakil Rektor periode 2021- 2026. Ada juru bicara (jubir) hingga anak buah Rektor USU, Muryanto Amin, semasa menjadi Dekan FISIP USU.

Pelantikan kelima Wakil Rektor ini dilakukan oleh Ketua MWA, Nurmala Kartini Pandjaitan, Selasa (9/3/2021). Wali Kota Medan Bobby Nasution turut hadir dalam pelantikan ini.

Kelima orang yang dilantik itu adalah Edy Ikhsan sebagai Wakil Rektor I, M Arifin Nasution sebagai Wakil Rektor II, Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan sebagai Wakil Rektor III, Opim Salim Sitompul sebagai Wakil Rektor IV, dan Luhut Sihombing sebagai Wakil Rektor V. Selain pelantikan para Wakil Rektor, MWA USU melantik Prof Fidel sebagai Sekretaris USU.

Edy Ikhsan merupakan juru bicara Muryanto semasa pencalonan Rektor USU. Sementara Arifin merupakan Wakil Dekan II semasa Muryanto menjabat Dekan FISIP USU.

Rektor USU, Muryanto Amin, mengatakan kelima Wakil Rektor yang telah dilantik itu dipilih berdasarkan sejumlah pertimbangan. Dia menepis pemilihan wakilnya itu berdasarkan suka dan tidak suka.

"Tidak. Berdasarkan semua sudah dipertimbangkan. Pengalaman, kemudian dari sisi keterwakilan, itu semua sudah kita pertimbangkan. Jadi sekarang ini sudah tidak ada lagi istilah like and dislike," ujar Muryanto.

Muryanto mengatakan dia bakal mempercepat pembangunan USU. Menurutnya, penataan infrastruktur hingga pelaksanaan program Kampus Merdeka menjadi fokusnya saat ini.

"Ya kita penataan infrastruktur sama kemudian pelaksanaan program kampus merdeka. Jadi merdeka belajar itu banyak hal yang perlu kita lakukan ya. Mahasiswa bisa belajar di tempat lain, mahasiswa bisa magang di tempat lain, tanpa misalnya terpaku terhadap mata kuliah di program studinya. Itu yang perlu kita siapkan di 2021 ini," sebut Muryanto.

(haf/haf)