detikcom Do Your Magic

Hutama Karya Nyatakan Pembatas di Jl Raya Cilincing Bukan Miliknya

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 18:39 WIB
Pembatas tengah Jl Raya Cilincing di Koja, Jakarta Utara, sekarang dilengkapi kerucut oranye supaya lebih jelas terlihat. 26 Maret 2021. (Afzal NI/detikcom)
Pembatas tengah Jl Raya Cilincing di Koja, Jakarta Utara, sekarang dilengkapi kerucut oranye supaya lebih jelas terlihat, 26 Maret 2021. (Afzal NI/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI menyatakan pembatas di tengah Jl Raya Cilincing yang rawan memicu kecelakaan adalah milih PT Hutama Karya. Kini PT Hutama Karya mengklarifikasi bahwa pembatas jalan tersebut bukanlah miliknya.

Masalah pembatas di tengah Jl Raya Cilincing ini sudah ditangani oleh pihak Pemprov DKI sejak akhir Februari lalu. Pada 3 Maret, Pemprov DKI mengidentifikasi bahwa pembatas jalan tersebut adalah milik PT Hutama Karya. Pemprov DKI menyebut pembatas jalan itu sebagai median jalan.

"Median jalan tersebut masih merupakan aset milik PT Hutama Karya selaku pelaksana pembangunan Jalan Tol Tanjung Priok yang belum diserahkan ke Pemerintah Provinsi DKI cq Sudin Bina Marga Jakarta Utara," kata Dinas Perhubungan DKI via situs resmi CRM Jakarta milik Jakarta Smart City, tertanggal 3 Maret 2021.

Lokasi pembatas jalan rawan kecelakaan ini ada di depan New Priok Common Gate atau juga sering disebut warga sebagai NPCT 1 (New Priok Container Terminal One). Ini adalah pembatas jalan di tengah jalan searah, bukan pembatas jalan untuk memisahkan dua jalur berlawanan.

Kecelakaan sering terjadi di pembatas jalan itu. Warga mengatakan motor, mobil, hingga truk sering menabrak pembatas jalan setinggi sekitar 30 cm itu. Untuk mengatasi kerawanan pembatas jalan itu, pembatas jalan tersebut dicat warna terang oleh Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta. Ternyata kecelakaan kembali terjadi pada Kamis (25/3) pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Kini pihak PT Hutama Karya menyatakan bahwa pembatas jalan yang rawan bikin celaka itu bukan miliknya.

"Lokasi tersebut bukan berada di Jalan Tol Akses Tanjung Priok yang dikelola oleh Hutama Karya," kata Vice President Komunikasi Korporat Hutama Karya Intan Zania saat dimintai konfirmasi oleh detikcom, Senin (29/3).

Lagi-lagi! Pembatas Jl Raya Cilincing di depan NPCT 1 ini bikin celaka, 25 Maret 2021. (Dok Sudinhub Jakut)Lagi-lagi! Pembatas Jl Raya Cilincing di depan NPCT 1 ini bikin celaka, 25 Maret 2021. (Dok. Sudinhub Jakut)

Selanjutnya, kenapa pembatas jalan tidak dibongkar saja?

Selanjutnya
Halaman
1 2