Minta Diangkat Jadi PNS, Petugas Lapangan KB Demo di Kantor BKKBN

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 11:18 WIB
Demo di depan BKKBN (Rahmat Fathan-detikcom)
Foto: Demo di depan BKKBN (Rahmat Fathan-detikcom)
Jakarta -

Massa Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) menggelar demonstrasi di depan Kantor Pusat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Cawang, Jakarta Timur. Mereka meminta diangkat menjadi PNS.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (29/3/2021), massa mulai menggelar orasi pukul 10.30 WIB. Setelah itu, ada 10 orang perwakilan massa aksi masuk ke Kantor BKKBN.

Sementara di depan Kantor BKKBN, peserta aksi lainnya terus menyampaikan orasi. Sebagian besar peserta aksi nampak duduk menunggu perwakilannya keluar dari Kantor BKKBN.

Ketua Umum Federasi PLKB, Ni Ketut Adriyani, mengatakan selama ini PLKB di tingkat desa dan kelurahan tidak mendapatkan keadilan. Dia menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah berjanji hendak mengangkat 9.600 PLKB non-PNS menjadi PNS.

"Ketika Rakornas Bangga Kencana tahun 2021 pada tanggal 28 Januari, beliau sudah memberikan instruksi kepada Kepala BKKBN Hasto Wardoyo untuk mempersiapkan 9.600 PLKB non-PNS menjadi PNS," kata Andriyani.

Sebelumnya, Jokowi berjanji untuk mempermudah jalan petugas lapangan KB menjadi PNS. Hal itu merespons aspirasi para penyuluh KB yang disampaikan Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo.

Dia mengatakan pemerintah sedang membutuhkan tenaga lapangan untuk mengeksekusi program. Sehingga, jalan para penyuluh KB menjadi PNS terbuka.

"Penyuluh KB yang PNS 13 ribu, kemudian petugas lapangan KB non-PNS ada 9.600. Tadi Dokter Hasto menyampaikan agar ini bisa ditambah, saya jawab bisa," kata Jokowi dalam pembukaan Rakornas Kemitraan Program Bangga Kencana di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/1).

(haf/haf)