Begini Metode Pemadaman Kebakaran Tangki Pertamina Balongan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 11:09 WIB
Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.
Kebakaran di Kilang Minyak Balongan (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Jakarta -

Dirut Pertamina, Nicke Widyawati, mengungkap metode yang digunakan untuk memadamkan kebakaran tangki di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Selain itu, api juga kini sudah bisa dilokalisir.

"Kondisi terkini api telah dapat dilokalisir di dalam bund wall. Jadi di sekitar tangki ini ada tanggul nah api sudah bisa kita lokalisir di sana dan untuk pemadaman kami menggunakan foam ke parimeter bund wall dan pusat nyala api, sehingga dengan demikian kami pastikan bahwa api tidak menjalar ke area lain," kata Nicke dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Pihak Pertamina juga sudah melakukan pendinginan di sekitar lokasi kebakaran. Sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

"Untuk mencegah api itu kita daerah lain kami juga melakukan pendinginan di area sekitar, untuk penanganan ini ada 10 mobil pemadam kebakaran yang kita operasikan," tutur Nicke.

Nicke menyampaikan sebagian masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun, kata Nicke, ada lima orang warga yang masih dirawat.

"Terkait dengan dampak insiden itu sendiri terdapat korban luka dan seluruhnya sudah ditangani oleh tim medis di mana sebagian masyarakat ini sudah berhasil ditangani dan juga sudah kembali ke rumah masing-masing namun masih ada 5 orang korban yang masih ditangani di rumah sakit, alhamdulillah tidak ada korban jiwa pada insiden ini," imbuh Nicke.

Nicke juga meminta warga untuk tidak panik. Selain itu, warga juga diminta menjauhi lokasi kebakaran.

"Kami memohon kepada warga di sekitar untuk tetap tenang dan menjauhi lokasi kebakaran dan untuk memastikan itu kami mohon maaf juga karena kami melakukan pemblokiran jalan di sekitar lokasi dibantu oleh Polri dan TNI tentu saja kesehatan masyarakat di sekitar kilang menjadi yang utama," kata Nicke.

(knv/fjp)