Kepulan Asap Masih Terlihat di Lokasi Kebakaran Pertamina Balongan Indramayu

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 10:19 WIB
Kepulan asap hitam di lokasi kebakaran Pertamina Balongan, Indramayu
Kepulan asap hitam di lokasi kebakaran Pertamina Balongan, Indramayu (Foto: Sudirman Wawad/detikcom).
Indramayu -

Insiden kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran terjadi di tangki T-301G sekitar pukul 00.45 WIB.

Pantauan detikcom, saat ini masih terlihat kepulan asap hitam di lokasi kejadian. Menurut data yang dihimpun, api masih belum padam total. Petugas gabungan dan pihak Pertamina meminta warga sekitar untuk menjauhi lokasi. Hal itu sebagai upaya sterilisasi di lokasi kejadian.

"Situasi saat ini terkendali. Api memang masih menyala, tapi terkendali. Kepulan asap memang masih tebal, karena membakar sisa material," kata Plt Sekretaris BPBD Indramayu Caya kepada detikcom di lokasi kejadian, Senin (29/3/2021).

Caya mengatakan sterilisasi dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Petugas masih siaga. Tim ada yang di lokasi dan pos-pos, kemudian ada juga di pengungsian," kata Caya.

Sebelumnya, kilang Pertamina Balongan di Indramayu terbakar hebat. Titik kebakaran terjadi pada tangki T-301G. Insiden kebakaran tersebut berlangsung Senin (29/3/2021) dini hari, pukul 00.45 WIB.

"Terjadi insiden di kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya.

"Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," Ifki menambahkan.

(mso/mso)