Kebakaran Kilang Balongan, Pertamina Pastikan Api Sudah Bisa Dilokalisir

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 10:57 WIB
Nicke Widyawati
Foto: Dirut Pertamina Nicke Widyawati (Ari Saputra)
Jakarta -

PT Pertamina menjelaskan kondisi terkini dari insiden kebakaran melanda kilang minyak Pertamina di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pertamina memastikan api telah bisa dilokalisir.

"Kondisi terkini api dapat dilokalisir di dalam band wall (dinding penahan di sekitar penyimpanan minyak). Jadi sekitar tangki ini ada tanggul dan api sudah bisa kita lokalisir di sana," kata Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Untuk pemadamannya, Nicke menjelaskan bahwa Pertamina menggunakan foam. Hal ini untuk memastikan api tidak menjalar ke area lainnya.

"Untuk pemadaman, kami menggunakan foam, perimeter band wall dan juga pusat nyala api. Sehingga demikian kita pastikan api tidak akan menjalar ke area lain," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa Pertamina juga melakukan pendinginan. Pendinginan dilakukan dengan memakai mobil pemadam kebakaran dari Pertamina, Pemda Cirebon dan Pemda Indramayu.

"Untuk mencegah api itu ke daerah lain, kami juga melakukan pendinginan di area sekitar. Untuk penanganan ini ada sepuluh mobil pemadam kebakaran yang kita operasikan dan ini Damkar, ini dari Pertamina Grup dan juga Pemda Cirebon dan Pemda Indramayu," ujarnya.

Dia meminta warga tetap menjauhi lokasi kebakaran. "Kami memohon warga sekitar yang ada di sekitar untuk tetap tenang dan mejauhi lokasi kebakaran," imbuhnya.