Respons Anies soal Road Bike Minta Dispensasi Gowes di Luar Jalur Sepeda

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 14:46 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi permintaan komunitas pesepeda road bike tentang dispensasi jam tertentu untuk bisa keluar dari jalur sepeda permanen. Menurut Anies, jalur sepeda permanen yang disiapkan saat ini masih dalam tahap uji coba.

"Sekarang kan sedang ada semacam uji coba, fase uji coba itu kita lihat hasilnya dulu," kata Anies kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (28/3/2021).

Anies menerangkan aturan untuk pesepeda bukan berasal dari pendapat pribadi maupun pendapat instansi tertentu. Melainkan, lanjut Anies, aturan yang diterapkan secara tepat berdasarkan dari pantauan di lapangan.

"Jadi bukan pendapat saya, bukan pendapat komunitas, bukan pendapat dishub (dinas perhubungan), bukan pendapat dari siapapun, tapi kenyataan di lapangannya seperti apa, dari situlah nanti kemudian diatur yang paling tepat,' ungkap Anies.

Anies mengatakan aturan yang diterapkan saat ini bukan sekadar untuk mengatur semata. Akan tetapi juga untuk melihat bagaimana perilaku para pesepeda demi menjaga keselamatan bersama.

"Gini, kita ini sekarang mengatur sambil melihat perilaku, karena yang diatur kan perilaku, jadi bukan sekadar beri aturan, tapi melihat seperti apa, nomor satu keamanan, keselamatan bukan keamanan, keselamatan itu nomor satu," ucap Anies.

Sebelumnya, adanya permintaan dispensasi itu disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Sambodo mengatakan, komunitas pesepeda road bike meminta dispensasi untuk menggunakan luar jalur sepeda di jam tertentu.

"Ada masukan minta penggemar road bike diberi dispensasi di jam tertentu, setelah itu semua harus masuk," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (26/3).

(whn/mae)