Kata Pesepeda Road Bike di Sudirman soal Wacana Dispensasi Keluar Jalur

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 09:28 WIB
Pesepeda road bike di kawasan Sudirman, Minggu (28/3). (Foto: Wilda/detikcom)
Foto: Pesepeda road bike di kawasan Sudirman, Minggu (28/3). (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -

Komunitas pesepeda road bike meminta keringanan agar mereka bisa melaju di luar jalur sepeda permanen. Apa kata pesepeda road bike?

Pesepeda road bike asal Jakarta Timur, Hariyanto (29) mengaku setuju bila ada dispensasi untuk pesepeda road bike menggunakan lajur kendaraan. Namun, menurutnya, dispensasi itu cukup diberikan saat akhir pekan saja.

"Aku sih setuju, asalkan berpeleton dan di hari akhir pekan saja. Kalau akhir pekan kan kendaraan dikit, soalnya road bike emang sepeda kencang," kata Hariyanto di kawasan Sudirman, Minggu (28/3/2021).

Lain halnya pada hari biasa atau hari kerja, Hariyanto menyarankan agar para pesepeda ada di jalur permanen.

"Kalau di hari weekday harus di jalur sepeda," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan pesepeda road bike asal Tebet, Jakarta Selatan, Rendy (19). Rendy setuju jika dispensasi itu diberikan saat akhir pekan.

"Sebenarnya sih kalau weekend setuju-setuju saja sih ya kan ini selalu sepi juga sama kaya di HI," kata Rendy.

Menurut Rendy, tidak ada urgensi untuk memberikan dispensasi pada pesepeda road bike masuk ke jalur kendaraan pada hari biasa. Mengingat jalur sepeda sudah disediakan.

"Hari biasa menurutku tidak usah kan sudah dibikin jalur sepeda permanen," tuturya.

Pantauan detikcom di kawasan Sudirman, pagi ini, pesepeda road bike tampak menggunakan jalur sepeda 'pop up' yang disediakan di Jalan Sudirman ke arah Thamrin. Jalur sepeda 'pop up' memang disediakan setiap akhir pekan untuk mengakomodasi ramainya pesepeda.

Mayoritas pesepeda road bike tampak memilih menggunakan jalur 'pop up' dibanding jalur permanen sepeda. Sementara, jalur permanen sepeda tampak dipenuhi pesepeda biasa.

Selain para pesepeda, ada pejalan kaki dan pelari yang juga berolahraga di kawasan Sudirman-Thamrin. Mereka tampak berolahraga di trotoar. Namun, sesekali mereka juga masuk ke jalur sepeda permanen.

Polisi sendiri tampak berjaga di sekitar pembatas jalur sepeda. Pembatas itu menggunakan traffic cone.

Sebelumnya, adanya permintaan dispensasi itu disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Sambodo mengatakan, komunitas pesepeda road bike meminta dispensasi untuk menggunakan luar jalur sepeda di jam tertentu.

"Ada masukan minta penggemar road bike diberi dispensasi di jam tertentu, setelah itu semua harus masuk," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (26/3).

Simak Video: Minggu Pagi, Kawasan Bundaran HI Ramai Pesepeda

[Gambas:Video 20detik]



(whn/mae)