Polisi: Pelat RF Bukan Kendaraan Prioritas, Bisa Ditilang Jika Melanggar

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 09:24 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro Jaya menegaskan pelat RFQ pada mobil Mercy yang dikendarai pelaku tabrak lari di Kelapa Gading bukan pelat dinas. Polisi juga menyampaikan pelat RF tidak termasuk kendaraan prioritas, sehingga bisa ditilang jika melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Begini, pelat 'RF' itu sama dengan pelat hitam lainnya. Dia bukan termasuk tujuh golongan yang dapat hak utama prioritas jalan. Sehingga kemudian pelat RF ini juga kalau melakukan pelanggaran ya bisa kami tindak, bisa ditilang, kena e-TLE, dan sebagainya," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo kepada wartawan di Jalan Cengkir Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (26/3/2021).

Hal itu dikatakan Sambodo sekaligus menjelaskan soal pelat B-2388-RFQ Mercy yang dikemudikan pelaku tabrak lari di Kelapa Gading, Jakut. Sambodo kembali menjelaskan soal pelat 'RF' ini bukan termasuk kendaraan yang diberi hak prioritas di jalan.

"Dia juga bukan termasuk jenis kendaraan yang diberi hak untuk menggunakan sirene dan rotator. Sirene dan rotator itu ada tiga, yakni biru, merah, dan kuning. Biru untuk kepolisian, polisi dalam arti mobil dinas Polri. Kedua merah, ini untuk ambulans, pemadam kebakaran, TNI dsb. Lagi-lagi ini adalah ambulans yang sedang bertugas, mobil dinas TNI dsb," jelas Sambodo.

"Satu lagi (rotator) kuning untuk pekerjaan umum dan sebagainya. Kendaraan tersebut tanpa sirene dan hanya rotator. Jadi pelat RF ini tidak termasuk dalam kendaraan yang punya hak menggunakan sirene dan rotator dan bukan termasuk tujuh golongan yang mendapat hak utama untuk prioritas jalan," sambungnya.

Sebelumnya, Sambodo memastikan mobil Mercy berpelat B-2388-RFQ yang dikendarai tersangka MRK (21) bukan kendaraan dinas. Sebab, angka awal TNKB kendaraan adalah '2', sedangkan pelat khusus yang termasuk rahasia fasilitas (RF) untuk pejabat diawali angka '1'.

"Bisa (dipastikan). Nggak ada (penyelewengan), memang terdatanya atas nama itu," kata Sambodo kemarin.

Sebelumnya diberitakan, MRK ditetapkan sebagai tersangka kasus tabrak lari di Kelapa Gading. Kecelakaan itu mengakibatkan bocah J (9) mengalami luka berat dan kedua orang tuanya luka ringan.

Belakangan, terungkap pelaku mengemudikan mobil Mercy berpelat nomor B-2388-RFQ. Mobil itu milik orang tua MRK.

Simak juga 'Blak-blakan, Ugal-ugalan Mobil Mewah & Pengantar Jenazah':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)