Tim TAA Gelar Olah TKP Kasus Tabrak Lari di Kelapa Gading Pagi Ini

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 06:34 WIB
Polisi menggelar olah TKP kasus tabrak lari di Kelapa Gading, Jakarta Utara pagi ini.
Foto: Polisi menggelar olah TKP kasus tabrak lari di Kelapa Gading, Jakarta Utara pagi ini. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya dan Korlantas Polri pagi ini menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus pengemudi Mercy yang menabrak bocah di Kelapa Gading, Utara. Olah TKP kali ini melibatkan tim traffic accident analysis (TAA).

Pantauan detikcom di Jalan Cengkir Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (26/3/2021) pukul 06.10 WIB Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo tiba di lokasi olah TKP. Dia ditemani dengan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar untuk lakukan olah TKP pagi ini.

Sejumlah petugas saat ini mulai menyisir tempat terjadinya kecelakaan lalu lintas tersebut. Lokasi terjadinya pemobil Mercy menabrak bocah pun telah diberikan tanda oleh petugas.


Pantauan di lokasi polisi menggambar ulang enam tanda menggunakan pylox putih yang dibuat petugas. Satu tanda bergambar orang bertuliskan "ibu", polisi menggambarkan gambar tersebut dengan posisi tiduran dan miring ke kanan dengan menggunakan kapur tulis.

Satu tanda gambar orang kedua bertuliskan "bapak", polisi menggambarkan gambar tersebut dengan posisi duduk dengan menggunakan kapur tulis. Satu tanda gambar orang lagi bertuliskan "anak" yang digambar tepat di depan gambar "bapak". Gambar tersebut juga digambar menggunakan kapur tulis berwarna putih.

Dua tanda bergambar lainnya ialah berbentuk lingkaran. Satu tanda lagi bertuliskan huruf "P" digambar menggunakan pylox berwarna putih.

Polisi kemudian mengukur jarak korban satu dan lainnya dengan meteran. Arus lalu lintas di lokasi terpantau lancar hingga saat ini. Ada penutupan jalan imbas digelarnya TAA pagi di Jalan Cengkir Raya.

Sementara ini, ada penutupan jalan menuju Kelurahan Kelapa Gading Timur. Jalan tersebut nantinya akan dibuka lagi setelah olah TKP selesai dilakukan.

Ditlantas Polda Metro Jaya terus menyelidiki kasus pengemudi mobil Mercedes-Benz B-2388-RFQ inisial MRK (21), tersangka kasus tabrak lari terhadap bocah di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Besok, polisi akan menggelar olah TKP dengan metode traffic accident analysis (TAA).

"Besok akan kita laksanakan TAA di lokasi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Peristiwa kecelakaan tabrak lari tersebut terjadi pada Minggu (21/3) di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, sekitar pukul 06.30 WIB. Saat itu pelaku menabrak korban serta orang tuanya, TS (41) dan EL (42).

Sambodo mengatakan olah TKP dengan metode TAA tersebut penting untuk dilakukan jajarannya. Hal itu untuk membuat terang kronologi secara rinci dari peristiwa tabrak lari yang dilakukan pelaku.

"TAA ini akan membuat terang proses terjadinya kecelakaan tersebut, baik sebelum, saat, dan sesudah kejadian. Dari hasil TAA kita akan bisa menghitung kecepatan dari kendaraan penabrak," ungkap Sambodo.

Polisi sendiri telah menetapkan pengemudi Mercy, MRK (21) sebagai tersangka dalam kasus ini. Dia kini sudah ditahan polisi.

Simak video 'Deretan Fakta Kasus Tabrak Lari Bocah di Kelapa Gading':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)