ADVERTISEMENT

LPSK Harap Dugaan Pelecehan Seksual oleh Kepala BPPBJ DKI Diusut Secara Pidana

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 15:49 WIB
Balai Kota DKI Jakarta
Foto: Balai Kota DKI Jakarta. (Ilman/detikcom).
Jakarta -

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berharap kasus yang menjerat Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta Blessmiyanda diselesaikan secara pidana. LPSK menilai jalur pidana bisa dilakukan lantaran ada dugaan pelecehan seksual.

"Hal ini dikarenakan perkara yang dihadapi diduga terkait pelecehan seksual terhadap salah satu PNS yang bekerja di BPPBJ. Di sinilah pentingnya perkara dugaan pelecehan seksual diusut secara pidana. Efek jera agar tidak terulang lagi kejadian yang sama terutama pelecehan terkait relasi kuasa seperti atasan dengan bawahan," ujar Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu, dalam keterangannya, Kamis (25/3/2021).

Saat ini, sambung Edwin, korban masih tahap konsultasi dan belum mengajukan permohonan perlindungan. Edwin menyebut juga telah mendapat informasi dari Pemprov DKI.

"Kami menghargai upaya Inspektorat DKI mengusut ini, namun jangan lupa bahwa perkara pidana tentu harus ada penyelesaian secara pidana selain secara administrasi. Yang dilakukan Inspektorat tentu ada batasannya. Kami berharap Inspektorat atau pihak yang dirugikan meneruskan perkara ini ke penegak hukum," katanya.

LPSK siap memberikan perlindungan kepada korban maupun saksi yang mengetahui dugaan pelecehan seksual yang menjerat Blessmiyanda. LPSK juga mengingatkan bentuk ancaman yang mungkin diterima korban dan saksi misalnya ancaman terkait karir atau jabatan.

"Jangan sampai ancaman terkait karir dan jabatan membuat perkara ini tidak terungkap," kata Edwin.

Pemprov DKI juga diminta memperhatikan hak korban, termasuk yang terkait hak kepegawaian.

"Jangan sampai korban sudah jadi korban pidana, masih menjadi korban kembali terkait statusnya sebagai PNS," harap Edwin.

Sebelumnya, Wagub DKI Ahmad Riza Patria sudah ditanya soal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Kepala BPPBJ DKI ini. Terkait dugaan tersebut, Riza mengimbau agar berprasangka baik.

"Saya belum tahu sejauh itu. Nanti pada waktunya mungkin Inspektorat akan melaporkan kepada kami. Saya kira saya tidak ingin berlebihan, hati-hati, harus teliti terkait berbagai informasi. Kita beri kesempatan pada yang bersangkutan untuk menyampaikan, menjelaskan, dan juga pada Inspektorat. Jadi mari kita membiasakan berprasangka baik pada siapa pun dan semua pergantian ini dimaksudkan baik. Jadi Pak Gubernur dan jajaran kita melakukan mutasi ini untuk kepentingan masyarakat banyak," jelas Riza kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Lihat juga video 'Gubernur New York Bantah Tuduhan Pelecehan Seksual':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT