Kecam Pemerkosaan Wanita Uighur, Massa Demo di Depan Kedubes China

Fathan - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 13:02 WIB
Massa Demo di Kedubes China
Massa Demo di Kedubes China (Foto: Fathan/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah orang menggelar aksi protes di depan Kedutaan Besar China. Massa aksi mengecam tindakan diskriminatif yang dialami etnis Muslim Uighur di Xianjiang, China.

Pantauan detikcom di lokasi, belasan peserta aksi tiba di Kedubes China, Mega Kuningan, Jaksel. Mereka tiba pukul 11.20 WIB.

Sekira pukul 11.30 WIB, massa aksi mulai menggelar aksinya. Mereka mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Mahsiswa Islam (AMI).

"Kita datang di sini dengan jumlah ini bukan berarti banyak yang tidak peduli. Kita datang karena menjaga protokol kesehatan dari kepolisian. Kalau tidak, kita akan konsolidasi besar-besaran untuk menggeruduk Kedubes China," ujar Koordinator Aksi, Rimbo Bugis, Kamis (25/3/2021).

Massa Demo di Kedubes ChinaMassa Demo di Kedubes China Foto: Fathan/detikcom

Dilihat detikcom, massa juga melakukan aksi teatrikal. Aksi teatrikal itu melibatkan dua orang pria mengenakan baju loreng dengan satu wanita mengenakan baju muslimah.

Dua orang pria yang merefleksikan pasukan militer China tersebut tampak melakukan gerakan diskriminatif terhadap si wanita. Mereka juga terlihat membawa pistol mainan.

Dalam aksi protes ini, massa aksi juga membawa spanduk yang bertuliskan 'Stop Genosida, Stop Perkosa Muslimah Uighur, Stop Pembantaian Muslim Uighur'. Massa aksi juga membawa beberapa poster yang bernarasikan kalimat-kalimat protes.

Beberapa poster di antaranya memuat tulisan 'Stop Jadikan Muslimah Uighur Sebagai Budak Seks' dan 'We Love Muslim Uighur'. Mereka juga meletakkan beberapa poster protes di depan pintu masuk Kedubes China.

Dalam orasinya, peserta aksi juga memprotes pemerintah Indonesia. Massa aksi meminta pemerintah Indonesia melakukan pemboikotan terhadap produk-produk yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut.

Sejumlah personel kepolisian tampak berada di lokasi aksi. Adapun arus lalu lintas di depan Kedubes China berjalan lancar. Sekitar pukul 12.13 WIB, massa membubarkan diri dari lokasi.

Simak juga video 'China-Uni Eropa Saling Balas Sanksi Terkait Pelanggaran HAM Uighur':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2