detikcom Do Your Magic

Setop Terobos Trotoar di Kuningan Jaksel! Ini Tempat Putar Balik yang Benar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 13:30 WIB
Putar balik di Jl Prof Dr Satria, Kuningan menuju ke arah Tanah Abang. Jadi, pemotor tidak perlu menerabas trotar.
Putar balik di Jl Prof Dr Satria, Kuningan, menuju Tanah Abang. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Trotoar untuk jalur pedestrian di Jl Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan (Jaksel), tepatnya di depan mal Kuningan City biasa digunakan pemotor untuk putar balik. Padahal, di dekat trotoar itu, tersebut terdapat tempat putar balik yang disediakan.

Tim detikcom mencoba melihat tempat putar balik yang disediakan di jalan tersebut. Pada Rabu (24/3/2021), dari jalur pedestrian di Jalan Prof Dr Satrio yang menuju daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat, sudah bisa melihat rambu putar balik di jalan tersebut. Jaraknya hanya sekitar 150 meter dari jalur pedestrian yang biasa digunakan untuk putar balik.

Namun, siang ini, pukul 12.20 WIB, lokasi putar balik tersebut terlihat cukup padat. Ada antrean mobil yang juga ingin putar balik menuju arah Jl Casablanca.

Di arah sebaliknya, lokasi putar balik memang lebih jauh namun masih bisa dikatakan dekat jika menggunakan kendaraan bermotor. Jaraknya hanya sekitar 400 meter dari jalur pedestrian di depan Mal Kuningan City. Area putar balik tersebut siang ini juga cukup lengang.

Meski dekat lokasi putar balik, masih saja ada pemotor yang lebih memilih putar balik di tempat yang seharusnya dipergunakan oleh pejalan kaki. Namun tidak semua pemotor menggunakan pedestrian tersebut untuk putar balik, banyak juga pemotor yang memilih putar balik di lokasi yang sudah disediakan.

Pemotor yang putar balik di jalur pedestrian kerap membuat kendaraan di belakangnya tersendat. Salah satu warga berharap trotoar tersebut tidak digunakan pemotor untuk putar balik karena dapat menyebabkan kemacetan.

"Harapan saya sih kalo bisa ditutup lah, untuk pejalan kaki aja, karena mengganggu juga arus lalu lintas di sini," ujar Ahmad Sulaiman saat ditemui di lokasi.

Putar Balik di Jl Prof Dr Satria dekat Kuningan City menuju Casablanca.Putar Balik di Jl Prof Dr Satria dekat Kuningan City menuju Casablanca. (Afzal Nur Iman/detikcom)
(aik/dnu)