detikcom Do Your Magic

Terakhir Dijaga Pekan Lalu, Trotoar Kuningan Masih Jadi Tempat Putar Balik

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 12:15 WIB
Trotoar di depan mal Kuningan City, kolong JLNT Casablanca masih jadi tempat putar balik, Rabu (24/3).
Trotoar di depan Mal Kuningan City, kolong JLNT Casablanca, masih jadi tempat putar balik, Rabu (24/3). (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Pengendara sepeda motor masih menjadikan trotoar di depan Mal Kuningan City, Jakarta Selatan, sebagai tempat putar balik. Tidak terlihat petugas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berjaga atau melakukan razia di lokasi.

Pantauan detikcom di lokasi pada Rabu (24/3/2021) pukul 11.24 WIB, terlihat beberapa pemotor masih berputar balik di lokasi tersebut. Mereka terlihat bebas dan tanpa ragu untuk melakukan putar balik di tempat pejalan kaki tersebut.

Salah seorang warga di sekitar lokasi, Ahmad Sulaiman, menyebut lokasi itu memang longgar penjagaan. Seingat Ahmad, terakhir kali ada operasi penertiban adalah pekan lalu, setelah itu, tidak ada lagi operasi penertiban.

"Nggak ada, paling yang ada, ada razia aja. Kemarin hari apa ya, Sabtu (20/3), Sabtu pagi," kata Ahmad yang berada di lokasi.

Dia berharap jalur pedestrian tersebut tidak digunakan pemotor untuk putar balik karena dapat menyebabkan kemacetan.

"Harapan saya sih, kalau bisa, ditutuplah, untuk pejalan kaki saja, karena mengganggu juga arus lalu lintas di sini," ujarnya.

Padahal sebelumnya Sudinhub Jaksel mulai menyatakan siap mengerjakan laporan masalah jalur pedestrian yang dilanggar kendaraan bermotor ini. Tindak lanjut tersebut berupa penertiban dengan menghalau pemotor yang hendak putar balik pada Jumat (19/3).

"Sudah ditindaklanjuti Satpelhub Kecamatan Setiabudi dengan menempatkan petugas dan melakukan penggebahan terhadap kendaraan yang berpangkal pada titik lokasi tersebut," kata Sudinhub Jaksel melaporkan di situs Cepat Respon Masyarakat (CRM), pukul 10.38 WIB.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyiapkan solusi untuk masalah tersebut. Nantinya, akan ada penghadang agar pemotor tak masuk ke trotoar.

"Tadi Dishub sudah melaporkan, Pak Syafrin (Kadishub DKI Jakarta), segera dibuat pembatas sehingga trotoar tersebut, tidak lagi digunakan untuk tempat putar balik atau memarkir motor, atau ojol dan sebagainya," ucap Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Ariza), kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (23/3).

(aik/aik)