detikcom Do Your Magic

Wagub DKI: Bakal Ada Penghadang Putar Balik di Trotoar Depan Kuningan City

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 13:10 WIB
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.
Foto: Wilda/detikcom
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan solusi untuk trotoar di depan Kuningan City, Jakarta Selatan yang kerap dipakai untuk putar balik kendaraan. Nantinya, akan ada penghadang agar pemotor tak masuk ke trotoar.

"Tadi Dishub sudah melaporkan, Pak Syafrin (Kadishub DKI Jakarta), segera dibuat pembatas sehingga trotoar tersebut, tidak lagi digunakan untuk tempat putar balik atau memarkir motor, atau ojol dan sebagainya," ucap Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Ariza), kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Menurut Ariza, pemotor telah menyalahi aturan saat berputar balik di atas trotoar. Trotoar itu merupakan jalan untuk pejalan kaki menyeberang atau ke taman di bawah Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Cassablanca.

"Itu tempat bagi warga di taman tersebut, ya buat taman, bukan untuk parkir ojol atau tempat putar balik," katanya.

Diketahui, trotoar yang berada di bawah Jalan Layang Non Tol Cassablanca itu masih dilalui pengguna sepeda motor untuk putar balik. Padahal Dinas Perhubungan (Dishub) pernah menggebah pemotor yang putar balik dan parkir di trotoar pada Jumat (19/3).

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (22/3/2021), pukul 11.20 WIB, terlihat trotoar masih menjadi tempat putar balik sepeda motor. Selain itu, terlihat beberapa pengemudi ojek online yang mangkal di sana.

Trotoar itu dipasangi pasak penghalang sepeda motor. Namun masih ada cela bagi sepeda motor untuk dapat melintasi trotoar karena tiang pasak yang dipasang tidak dempet.

Potret Pemotor Terobos Pedestrian Kolong JLNT CasablancaPotret Pemotor Terobos Pedestrian Kolong JLNT Casablanca (Andhika Prasetia/detikcom)
(aik/imk)