Bandara Kuabang Akan Kembali Layani Penerbangan Reguler ke Manado

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 22:21 WIB
Bandara Kuabang
Foto: Kemenhub
Halmahera Utara -

Terminal baru Bandara Kuabang di Kabupaten Halmahera Utara akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Bandara tersebut dicanangkan kembali melayani penerbangan reguler dengan rute Kuabang-Manado.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau terminal penumpang Bandara Kuabang, Selasa (23/3/2021) malam waktu setempat. Ia menjelaskan layanan penerbangan reguler di bandara tersebut sempat dihentikan di masa pandemi.

"Kami ada Tim Advance yang seminggu lalu datang ke sini. (Mereka) menyatakan bahwa dulu di sini ini penerbangan hampir setiap hari, (penerbangan) reguler bukan carter. Sekarang hanya ada carter. Memang ada tiga industri di sini yang melakukan carter. Tapi itu tidak cukup karena kita ingin reguler itu hidup kembali," ungkap Budi kepada detikcom.

Budi menjelaskan pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak maskapai untuk kembali membuka rute penerbangan dari dan menuju Kuabang. Rencananya, layanan penerbangan reguler akan dibuka seminggu sekali.

"Saya telah meminta pak Dirjen Perhubungan Udara untuk berkoordinasi dengan maskapai, untuk mengadakan penerbangan reguler dari Manado kesini 1 kali seminggu," tutur Menhub.

Budi menambahkan dengan runway sepanjang 2400 m x 30 m, Bandara Kuabang dapat menampung pesawat jenis narrow body.

"Pesawat yang reguler untuk sementara ini kita rencanakan (menggunakan) ATR 72. Tapi kalau lihat dari kualifikasi landasan ini dengan (panjang) 2.400 (meter), bisa (dibuka rute) terbang langsung dari Jakarta. Jadi kualifikasi bandara dari segi runway yang panjang 2.400 (meter) dan lebar 30 (meter) itu mampu (mengakomodasi) pesawat narrow body," papar Budi.

Saat ini terminal penumpang Bandara Kuabang yang dibangun melalui anggaran APBN sekitar Rp. 50,82 miliar memiliki luas 3.500 m2 yang dapat menampung hingga 160.000 penumpang per tahun. Bandara ini juga memiliki landasan hubung (taxiway) berukuran 100 m x 23 m dan landasan parkir (apron) 157 m x 72 m, yang mampu menampung sebanyak 3 pesawat jenis ATR dan 1 (satu) pesawat boeing.

Sementara itu, pihak maskapai Wings Air yang telah berkomunikasi dengan Menhub menyatakan siap membuka penerbangan dari dan menuju Bandara Kuabang. Managing Director Lion Group Daniel Putut Kuncoro menjelaskan maskapai Wings Air akan kembali mengoperasikan rute Manado-Kuabang dan sebaliknya.

"Kalau kita dari sisi armada itu siap. Karena kami khususnya Wings Air yang mengoperasikan ATR 72 sebenarnya kami sudah pernah melayani dari Manado ke Kuabang. Tapi karena kita mulai di masa pandemi marketnya jadi rendah sekali. Setelah diresmikan ini kita akan coba penerbangan mulai lagi. Waktunya kita sesuaikan dengan izin dari Kementerian Perhubungan," jelas Daniel.

(mul/ega)