e-TLE Mobile Diuji Coba Akhir Pekan, Ini Jenis Pelanggaran yang Disasar

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 14:59 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyisir Jalan Medan Merdeka Selatan (Sachril Agustin/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyisir Jalan Medan Merdeka Selatan (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Uji coba electronic-traffic law enforcement (e-TLE) mobile digelar pekan depan. e-TLE mobile akan menindak sejumlah pelanggaran lalu lintas yang terlihat dalam pantauan patroli polisi.

"Untuk e-TLE mobile nanti kita akan lebih kepada mereka-mereka yang melaksanakan pelanggaran-pelanggaran tertentu, misalnya pelanggaran kecepatan, pelanggaran lampu merah, pelanggaran berpindah lajur dengan kalau kita menyebutnya ugal-ugalan ya. Kalau bahasa UU berpindah lajur tanpa memberikan isyarat," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Selain itu, pelanggaran melawan arah menjadi sasaran polisi. Sambodo mengatakan titik lokasi penindakan kamera e-TLE mobile tersebut akan dipusatkan di ruas jalan yang belum memiliki kamera e-TLE statis.

Kamera e-TLE mobile juga akan menjaring pelanggaran di ruas jalan tol. Salah satunya pengendara yang menggunakan bahu jalan tol.

Dia menekankan lewat sistem e-TLE mobile nantinya personel tidak perlu melakukan penindakan di tengah jalan. Namun dia memastikan bagi para pelanggar yang terekam akan segera dikirim bukti tilang ke rumah masing-masing.

"Kalau selama ini anggota PJR (patroli jalan raya) di jalan tol dia distract terganggu, apakah dia harus melakukan penindakan atau melancarkan arus, karena kalau dia menindak akan menimbulkan kemacetan di jalan tol," terang Sambodo.

"Nah dengan adanya e-TLE mobile, bagi masyarakat yang menggunakan bahu jalan silakan saja tidak perlu dilakukan penindakan saat itu juga. Tapi nanti dalam 1-2 hari mudah-mudahan surat cintanya sampai ke pelanggar," sambungnya.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran telah mengumumkan jajarannya akan melakukan penindakan menggunakan kamera e-TLE mobile pada akhir pekan nanti. Dia telah memperingatkan tiap para pengendara untuk tertib berlalu lintas karena kamera e-TLE telah mengintai di ruas jalan.

"Jadi silakan yang mau kebut-kebutan nanti akan saya turunkan tim pemburu hidden atau kamera tersembunyi. Nanti tinggal terima buktinya surat cinta dari direktorat lalu lintas," ungkap mantan Kapolda Jatim tersebut.

Simak video 'Pantau Pelanggar di Jalanan, Polisi Bakal Pasang e-TLE Portabel':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)