Round-Up

Struktur Kepengurusan Demokrat Muncul Lewat Bocoran

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 06:49 WIB
Moeldoko menyampaikan pidato perdana saat Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).  Berdasarkan hasil KLB, Moeldoko terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025. ANTARA FOTO/Endi Ahmad/Lmo/aww.
Foto: Kubu KLB (ANTARA FOTO/Endi Ahmad)
Jakarta -

Kubu Moeldoko telah mendaftarkan kepengurusan yang diputuskan dalam acara yang diklaim sebagai kongres luar biasa atau KLB Partai Demokrat (PD) di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Siapa saja yang masuk kepengurusan PD versi KLB Deli Serdang?

Salah seorang penggagas KLB, Max Sopacua, memberikan sedikit bocoran. Yang pasti, kepengurusan PD versi KLB Deli Serdang tidak memuat jabatan Majelis Tinggi Partai.

Namun, untuk posisi seperti ketua umum, yang sudah jelas dijabat Moeldoko, dan Sekretaris Jenderal, Ketua Dewan Pembina, Ketua Dewan Kehormatan serta Ketua Mahkamah Partai juga sudah ditentukan siapa yang menjabat.

Selain itu, menurut Max, ada satu posisi strategis, yakni Bendahara Umum, yang masih lowong. Belum ditentukan siapa yang pantas mengembang jabatan dimaksud.

"Ya belum tahu itu, belum (bendahara umum) itu, karena yang penting yang dimasukkan yang itu aja itu dulu," ungkap Max, saat dihubungi detikcom, Senin (22/3/2021).

Berikut ini susunan struktur kepemimpinan Partai Demokrat kubu KLB yang sudah diserahkan ke Kemenkumham:

Ketua Umum: Moeldoko
Sekretaris Jenderal: Jhoni Allen Marbun
Ketua Dewan Pembina: Marzuki Alie
Ketua Dewan Kehormatan: Max Sopacua
Ketua Mahkamah Partai: Ahmad Yahya

Adapun berkas yang diserahkan kubu Moeldoko ke Kemenkumham tidak hanya berisi struktur kepengurusan. Ada juga dokumen terkait KLB yang diserahkan.

"Bukan (hanya) kepengurusan, tapi dokumen yang menyangkut KLB, dokumen KLB yang diserahkan hasil-hasil keputusannya dan alasan-alasan terjadinya KLB. Kalau kepengurusan itu hanya salah satu sebagian kecil yang tidak juga harus dilengkapi, hanya beberapa saja yang penting-penting saja seperti Ketum, Sekjen begitu-begitu," terang Max.

Kepengurusan PD versi KLB akan dilengkapi setelah ada surat keputusan (SK) dari Kemenkumham. Sebab, SK Kemenkumham merupakan 'barang' penting yang harus dimiliki kubu Moeldoko.

"Tapi kalau kepengurusan lengkapnya itu nanti disusulkan atau setelah ada SK gitu kalau dilengkapi lagi. Yang penting harus disampaikan ke pemerintah dalam hal ini ke Kementerian itu yang penting-penting saja," ucap Max.

Seperti diketahui, Kemenkumham telah memproses hasil KLB Deli Serdang yang didaftarkan kubu Moeldoko. Namun ada sejumlah hal yang dinyatakan belum lengkap.

Baca di halaman berikutnya.

Simak video 'Demokrat Versi KLB Sumut Klaim Sudah Daftar Kepengurusan ke Kemenkum HAM':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2