Jadi Instruktur Diving Freelance di Bali, WNA Asal Ceko Dideportasi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 09:29 WIB
Proses pendeportasian WNA asal Ceko VZ (Dok. Kanwil Kemenkumham Bali)
Proses pendeportasian WNA asal Ceko VZ (Dok. Kanwil Kemenkumham Bali)
Denpasar -

Warga negara Asing (WNA) asal Ceko, berinisial VZ, dideportasi oleh tim Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja. Perempuan kelahiran Jindrichuv Hradec pada 1990 itu dideportasi karena menjadi instruktur diving berstatus lepas (freelance) di Bali.

"Yang bersangkutan melakukan kegiatan sebagai instruktur diving freelance di Tulamben Karangasem yang tidak sesuai dengan izin tinggalnya," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (22/3/2021) pagi.

WNA tersebut memiliki izin tinggal kunjungan B211A yang berlaku sampai 20 Maret 2021 sehingga telah melakukan perbuatan pelanggaran keimigrasian sesuai dengan Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Karena itu, pihaknya mengambil tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan.

Pengawasan keberangkatan dan pendeportasian tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 20 Maret 2021, pukul 21.40 WIB. WNA asal Ceko tersebut dideportasi melalui Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta dengan penerbangan Turkish Airlines TK 57 dengan tujuan akhir Prague, Ceko.

"Diharapkan dengan adanya tindakan administratif keimigrasian ini dijadikan sebagai bentuk nyata penegakan hukum keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja," harap Jamaruli.

Lihat juga video 'Wanita AS yang Ajak WNA ke Bali Resmi Dideportasi!':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)