Makin Lengkap! Ada 41 Kamera e-TLE Baru di Jadebek Terpasang hingga Tol

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 22:03 WIB
Pemasangan kamera tilang elektronik atau E-TLE diperluas. Kali ini kamera e-TLE yang dipasang di Jalan Gajah Mada, Jakarta, siap memantau pengendara yang melanggar lalu lintas.
Foto: Ilustrasi kamera e-TLE di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus mengembangkan tilang elektronik (electronic-traffic law enforcement/e-TLE). Saat ini Polda Metro Jaya telah menambah perangkat kamera e-TLE di 41 titik di jalan arteri hingga di ruas jalan tol dan koridor busway.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan saat ini sudah ada 57 kamera e-TLE yang terpasang di jalan-jalan Jakarta. Dari 41 kamera e-TLE baru ini, ada beberapa tambahan lokasi seperti di Depok dan Kabupaten Bekasi.

"Ada tambahan daerah di luar 57 daerah yang sudah existing e-TLE, sekarang ada tambahannya di Polres Depok dan Polres Bekasi Kabupaten," kata Sambodo di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (20/3/2021).'

Tidak hanya di jalan arteri, kamera e-TLE juga akan terpasang di 10 koridor bus TransJakarta. Selain di beberapa titik jalur arteri juga ditambah kamera e-TLE.

"Di jalan arteri ada tambahan 16 titik. Kemudian di 10 koridor jalur busway. Jadi kalau semakin banyak tidak perlu lagi kejadian seperti anggota berantem, berdebat di jalur busway. Silakan aja tiba-tiba tilangnya sudah dapat dikirimkan," ujar Sambodo.

Selain memasang kamera e-TLE statis, Polda Metro Jaya juga kini memiliki 30 kamera e-TLE mobile yang terpasang pada perangkat kendaraan petugas saat berpatroli.

Saat ini Polda Metro Jaya juga tengah mengajukan 60 kamera tambahan ke Pemprov DKI Jakarta. Polda Metro Jaya menargetkan 150 kamera e-TLE terpasang hingga akhir tahun ini.

"Di 2021 kami tambahkan 41 kamera kemudian tahap 5 kami sedang ajukan ke Pemrov 60 kamera sehingga kalau ini disetujui semua total di akhir tahun 2021 kita punya 150 kamera e-TLE di seluruh Jakarta dan 30 e-TLE mobile," papar Sambodo.

41 kamera e-TLE baru yang saat ini dimiliki Polda Metro Jaya merupakan salah satu bagian dari program e-TLE nasional yang akan diresmikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Selasa (23/3) mendatang.

Simak sebaran 41 lokasi baru kamera e-TLE di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2