Insan Pers Apresiasi Pemerintah atas Vaksinasi Wartawan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 20:50 WIB
Vaksinasi Corona untuk wartawan
Vaksinasi wartawan di Hall Basket GBK (Elvan Dany Sutrisno/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap wartawan pada vaksinasi tahap kedua. Insan pers Indonesia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah atas vaksinasi terhadap wartawan dari berbagai macam organisasi media massa di Tanah Air itu.

"Kami sangat berterima kasih kepada Dinkes DKI atas segala upaya baik ini, dan atas terselenggaranya proses vaksin tahap kedua ini. Ucapan terima kasih dan apresiasi yang sama kami sampaikan kepada pemerintah daerah yang telah membantu para wartawan mengikuti proses vaksinasi," demikian pernyataan bersama yang dikeluarkan Dewan Pers, PWI, Forum Pemred, IJTI, SPS, AMSI, SMSI, PRSSNI, ATVSI, ATVLI, dan PFI dalam rilis pada Sabtu (20/3/2021).

Insan pers Indonesia menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah atas upaya pemberian vaksin kepada para wartawan dari berbagai macam organisasi media massa di Tanah Air.

Vaksinasi terhadap wartawan diperlukan karena wartawan adalah satu dari beberapa profesi yang tetap bekerja di lapangan pada masa pandemi COVID-19. Industri pers termasuk jenis industri yang tidak bisa berhenti meski situasi segenting apa pun serta harus bekerja lebih keras. Sebab, publik memerlukan informasi yang akurat dan memadai dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Informasi yang akurat dan memadai itu juga diperlukan pemerintah, baik untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Informasi ini juga diperlukan pemerintah dalam menentukan dan menyusun kebijakan, termasuk kebijakan yang terkait dengan berbagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19.

Proses vaksinasi COVID-19 terhadap wartawan ini digelar dalam beberapa tahap. Tahap pertama berlangsung pada 25-27 Februari 2021 di Hall Basket Ball Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Pada tahap pertama itu, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Ketua Dewan Pers (DP) Mohammad Nuh, serta pimpinan asosiasi profesi dan industri pers ikut menghadiri acara pembukaan proses vaksinasi wartawan.