detikcom Do Your Magic

Dishub Gebah Pemotor yang Putar Balik di Trotoar Depan Mal Kuningan City

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 15:12 WIB
Dishub DKI gebah pemotor yang putar balik di trotoar depan Mal Kuningan City, Jaksel. (Dok situs CRM Jakarta Smart City)
Dishub DKI gebah pemotor yang putar balik di trotoar depan Mal Kuningan City, Jaksel. (Dok situs CRM Jakarta Smart City)
Jakarta -

Trotoar tempat pejalan kaki menyeberang di Kuningan Jaksel disalahgunakan sebagai tempat putar balik para pemotor. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI beraksi menggebah (menghalau) pemotor yang melintasi jalur pedestrian itu.

Lokasi persis trotoar yang menjadi jalan putar balik para pemotor itu ada di depan Mal Kuningan City, Jl Prof Dr Satrio, di bawah Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan.

detikcom Do Your Magic menyoroti permasalahan fasilitas pedestrian ini pada Kamis (18/3) kemarin. Warganet di Twitter, akun @MarioFevers, mencuitkan pemberitaan detikcom dengan mencolek akun resmi Pemprov DKI Jakarta (@DKIJakarta). Dia menilai kondisi pelanggaran trotoar tersebut berbahaya bagi pengendara mobil.

Pemprov DKI langsung merespons. Laporan diproses dengan nomor TW000066744 pada situs CRM (Cepat Respons Masyarakat) dari Jakarta Smart City. Perkembangan penanganan dapat dipantau di situs tersebut. detikcom mengakses detail laporan ini pada Jumat (19/3/2021).

Kondisi mal depan mal Kuningan City, Jakarta Selatan  yang jadi tempat putar balik kendaraan bermotor.Kondisi mal depan Mal Kuningan City, Jakarta Selatan, yang jadi tempat putar balik kendaraan bermotor. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan (Sudinhub Jaksel) langsung merespons. Pukul 10.33 WIB tadi, Sudinhub Jaksel mulai menyatakan siap mengerjakan laporan masalah jalur pedestrian yang dilanggar kendaraan bermotor ini.

"Sudah ditindaklanjuti Satpelhub Kecamatan Setiabudi dengan menempatkan petugas dan melakukan penggebahan terhadap kendaraan yang berpangkal pada titik lokasi tersebut," kata Sudinhub Jaksel, melaporkan di CRM, pukul 10.38 WIB.

Lewat foto yang dicantumkan Sudinhub Jaksel, terlihat petugas Dishub dan Satpol PP menertibkan pemotor di lokasi.

"Status laporan: selesai," demikian keterangan yang tercantum dalam detail tindak lanjut masalah trotoar ini.

Potret Pemotor Terobos Pedestrian Kolong JLNT CasablancaPotret Pemotor Terobos Pedestrian Kolong JLNT Casablanca (Andhika Prasetia/detikcom)

Lihat juga video 'Pemotor Terobos Ring 1 Minta Maaf, Paspampres Beri Wejangan':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/imk)