detikcom Do Your Magic

Trotoar Depan Mal Kuningan City Jadi Tempat Putar Balik Sepeda Motor

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:41 WIB
Potret Pemotor Terobos Pedestrian Kolong JLNT Casablanca
Potret Pemotor Terobos Jalur Pedestrian Kolong JLNT Casablanca, tepatnya di depan mal Kuningan City (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Trotoar di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, digunakan oleh kendaraan bermotor untuk memutar balik. Meski, trotoar tersebut merupakan tempat menyeberang pejalan kaki di bawah jalan layang non-tol (JLNT) Casablanca, fasilitas untuk pedestrian ini disalahgunakan.

Pantauan detikcom di lokasi tepatnya di depan Mal Kuningan City pada Kamis (18/3/2021) pukul 16.25 WIB, terlihat banyak pengendara motor yang masuk untuk berputar balik. Baik yang berasal dari Bendungan Hilir, Tanah Abang, maupun dari Jl Casablanca.

Trotoar tersebut dikhususkan untuk pejalan kaki, lengkap dengan fasilitas guiding block (ubin pemandu) dan pasak penghalang sepeda motor. Namun, motor masih bisa menyelip di antara tiang penghalang.

Sore ini tidak terlihat banyak pejalan kaki yang memanfaatkan jalur pedestrian tersebut untuk menyeberang. Sedangkan, selain sepeda motor yang putar balik, terdapat ojek online yang mangkal di area tersebut.

Padahal tidak jauh dari lokasi tersebut, terdapat tempat berputar balik yang disediakan, baik yang berasal dari Jl KH Mas Mansyur maupun dari Jl Casablanca. Jaraknya hanya sekitar 130 meter.

Kondisi lalu lintas di Jl Prof Dr Satrio terpantau ramai tapi tetap lancar.

Kondisi mal depan mal Kuningan City, Jakarta Selatan  yang jadi tempat putar balik kendaraan bermotor.Kondisi trotoar depan mal Kuningan City, Jakarta Selatan, yang jadi tempat putar balik kendaraan bermotor. (Afzal Nur Iman/detikcom)
(aik/aik)