Komnas Perempuan Minta Kasus Prostitusi Libatkan Cynthiara Alona Diusut Tuntas

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 07:10 WIB
Komisioner Komnas Perempuan, Theresia Iswarini
Foto: Theresia Iswarini (dok. Istimewa/foto diberikan oleh narasumber)
Jakarta -

Artis Cynthiara Alona ditetapkan sebagai tersangka setelah hotel miliknya digerebek polisi karena diduga menjadi tempat prostitusi online. Komnas Perempuan meminta kasus prostitusi yang melibatkan perempuan itu diusut tuntas.

"Polisi patut untuk mengusut tuntas berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan termasuk kekerasan seksual berbasis siber atau online," kata Komisioner Komnas Perempuan, Theresia Iswarini kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Namun demikian, Theresia mengatakan Komnas Perempuan menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Komnas Perempuan, kata Theresia masih menunggu hasil pemeriksaan terhadap Cynthiara Alona.

"Kasus ini masih dalam proses pemeriksaan kepolisian dan CA sedang dimintai keterangan jadi lebih baik kita menunggu hasil dari pihak kepolisian," kata dia.

Theresia mengatakan Komnas Perempuan belum bisa menjelaskan lebih lanjut soal fenomena prostitusi online yang melibatkan artis. Namun, Theresia menyebut banyak faktor perempuan terjerumus dalam prostitusi online itu.

"KP belum pernah melakukan kajian tentang prostitusi online yang melibatkan artis sehingga soal banyak atau tidaknya agak sulit untuk dikatakan," katanya.

"Terkait dengan prostitusi, KP berpandangan bahwa penyebab prostitusi itu beragam dan tidak ada satupun perempuan yang ingin terlibat dalam prostitusi dengan menjadi pekerja seks. Hasil pemantauan KP menunjukkan bahwa umumnya mereka masuk dalam lingkar prostitusi karena korban kekerasan seksual, KDRT atau TPPO," kata dia.

Simak proses penangkapan Cynthiara Alona pada halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Cerita Penggerebekan Hotel Cynthiara Alona, Diduga Sarang Prostitusi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2