Round-Up

Sorotan MA hingga KY di Aksi Walkout HRS Demi Kehormatan Pengadilan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 05:01 WIB
Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan. Setiba di Polda Metro Jaya, ia sempat mengacungkan jempol.
Foto: Acungan jempol Habib Rizieq Shihab (Ari Saputra)
Jakarta -

Aksi walkout Habib Rizieq Shihab (HRS) dan sikap salah seorang kuasa hukumnya dari sidang kasus tes swab di RS UMMI Bogor mendapat sorotan dari 2 lembaga yang menaungi hakim-hakim di Tanah Air. Dua lembaga dimaksud, yakni Mahkamah Agung (MA) dan Komisi Yudisial (KY).

Bagaimana sorotan MA dan KY? Mari ulas detik-detik Habib Rizieq Shihab walkout dari sidang kasus tes swab.

Sidang kasus tes swab dimaksud digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Selasa (16/3/2021), dan Habib Rizieq hadir secara virtual dari Bareskrim Polri. Habib Rizieq sempat berdebat dengan petugas yang berada di ruang sidang Bareskrim Polri.

"Tanpa tekanan bahwa saya tidak akan mengikuti sidang online dan sidang hari ini saya tidak akan mengikuti, dengan demikian saya akan keluar dari ruangan ini. Mohon maaf dan terima kasih," ujar Habib Rizieq dalam persidangan seperti disiarkan online.

Usai menyatakan walkout kepada majelis hakim, dalam visual yang ditampilkan Habib Rizieq tampak bangun dari kursi. Dia meminta agar kamera dimatikan, sembari menunjuk ke arah kamera.

Tampilan layar di PN Jaktim yang menampilkan HRS kemudian hilang, namun suara Habib Rizieq tetap terdengar. Terdengar Habib Rizieq tampak berbicara dengan seorang petugas yang memintanya tidak ke luar ruangan.

"Ini kan hak, ana paham, ana kan sudah menyatakan keluar dari sidang, pengacara ana semua sudah keluar dari ruang sidang. lihat dulu. Ana pernah disidang, ana pernah dua kali. Jadi gini, silakan hakim bersidang, silahkan rumuskan apa yang dia mau, saya mau balik," tegas Habib Rizieq.

Tapi tidak terdengar dengan jelas pernyataan petugas menanggapi Habib Rizieq. Yang terdengar suara Habib Rizieq meninggi meminta petugas tidak ikut campur.

"Saya mau balik ke sel, anda jangan ikut campur ini urusan hukum. Anda berdasarkan hukum apa saya mau tau, saya menyatakan keluar Anda jangan paksa ini hak saya. Saya sudah selesai, saya mau balik ke sel, ini hak saya," ucap HRS.

Salah seorang pengacara Habib Rizieq, Novel Bamukmin juga sempat berteriak-teriak di ruang sidang di PN Jaktim. Novel mengamuk lantaran layar virtual yang menunjukkan kliennya hilang. Sembari menunjuk-nunjuk hakim dan layar, dengan nada tinggi Novel memprotes layar virtual Habib Rizieq dimatikan.

Siapa yang mematikan? Seperti diceritakan sebelumnya, Habib Rizieq sendiri yang meminta agar layar virtual tersebut dimatikan.

Novel Bamukmin Teriak dan Tunjuk-tunjuk Hakim saat Walkout Sidang HRSNovel Bamukmin teriak dan tunjuk-tunjuk hakim saat walkout sidang HRS. (Foto: Rahmat fathan-detikcom)

Aksi walkout HRS dan perilaku Novel Bamukmin inilah yang disorot. Baca di halaman berikutnya.

Simak video 'Momen Novel Bamukmin Teriak & Tunjuk-tunjuk Hakim Saat WO Sidang HRS':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2