Pemprov DKI Catat Ada 28 Hutan dan Taman Kota yang Dibuka Saat Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 21:23 WIB
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menyebut ada 25 taman kota dan 3 hutan kota yang saat ini dibuka. Pembukaan taman dan hutan kota itu sudah berlangsung pada 8-22 Maret ini.

"Ada 25 taman kota yang sudah dibuka di seluruh wilayah DKI Jakarta dan 3 hutan kota. Total 25 sudah dibuka sejak yang tanggal 8 yang lalu sampai PPKM Mikro tanggal 22 (Maret) ini," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021).

Riza memerinci lokasi 3 hutan kota terletak di Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. sedangkan untuk 25 taman kota berlokasi di semua wilayah di Ibu Kota.

"Srengseng Jakarta Barat, di hutan mangrove Jakarta Utara, Sangga Buana di Jakarta Selatan, itu hutan kota," terangnya.

"Kalau 25 taman kota ini macam-macam mulai dari Taman Lapangan Banteng, Taman Sumenep sampai Taman Bintoro, Taman Sungai Kendal, dan lain-lain," sambungnya.

Riza berharap taman dan hutan kota itu dapat diperpanjang nantinya, namun tergantung dengan kondisi COVID di DKI. Riza menyebut sejauh ini COVID di Jakarta sudah berangsur menurun.

"Nanti tanggal 23 ke depan mudah-mudahan kita akan perpanjang lagi, mudah-mudahan ada peningkatan ya daripada penurunan. Alhamdulillah COVID menurun, angka yang meninggal turun dalam sepuluh terakhir ini rata-rata terakhir 22 orang yang meninggal. Mudah-mudahan bisa turun lagi," ujarnya.

Sebelumnya, masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro DKI Jakarta diperpanjang hingga 22 Maret. Keputusan ini tertuang dalam Kepgub Nomor 213 Tahun 2021 terkait Perpanjangan Pemberlakuan Jangka Waktu dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah. Pemprov DKI mengklaim terjadi penurunan jumlah kasus aktif di Ibu Kota di masa penerapan PPKM Mikro.

"Penurunan kasus aktif ini adalah hasil dari kerja keras kita bersama, dengan mengupayakan meningkatkan angka kesembuhan di mana per tanggal 21 Februari 2021 sebesar 310.412 dengan persentase 94,5%. Sementara per 7 Maret angka kesembuhan meningkat sebesar 337.426 dengan tingkat kesembuhan 96,3%. Hingga kini, total 5.790 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,7%, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 2,7%," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti melalui keterangan tertulis, Senin (8/3/2021).

(eva/eva)