detikcom Do Your Magic

Pasar Ajibarang Tak Kemproh Lagi, Ini 'Before-After' Pengangkutan Sampah

Mochammad Yusuf Fanany - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 14:51 WIB
Masalah sampah di Pasar Ajibarang Banyumas kini tuntas. (Repro: Mindra Purnomo/detikcom)
Masalah sampah di Pasar Ajibarang Banyumas kini tuntas. (Repro: Mindra Purnomo/detikcom)
Banyumas -

Semula Pasar Induk Ajibarang jorok atau kemproh dalam bahasa Jawa. Sampah teronggok menumpuk dan berserakan di jalanan pasar. Kini sampah diangkut. Jangan kemproh maning, ya!

detikcom Do Your Magic meninjau langsung Pasar Ajibarang, pasar terkemuka di Banyumas barat ini, di Jawa Tengah, Minggu (14/3).

Pedagang pasar ini menyampaikan kondisi sampah menumpuk sudah ada sejak sebulan sebelumnya. Gara-gara kondisi tidak sehat ini, ada pedagang yang menutup warungnya.

"Sampah ini sudah terjadi sejak Februari kemarin. Gara-gara itu, orang jadi jarang datang ke warung, makanya kadang saya milih nutup warungnya saja," ucap Jito, pemilik salah satu warung makan, saat dimintai keterangan, Minggu (14/3).

Selang sehari setelah pemberitaan, sampah diangkut dari jalanan pasar itu menuju Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Ajibarang. Sampah enyah dari pasar itu. Memang masih sempat terpantau sampah dibuang sembarangan lagi pada Rabu (17/3) kemarin, namun sampah itu diangkut kemudian.

Pengangkutan sampah di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 16 Maret 2021. (M Yusuf Fanany/detikcom)Pengangkutan sampah di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 16 Maret 2021. (M Yusuf Fanany/detikcom)

Kondisi terakhir, Kamis (18/3/2021) hari ini, terlihat lokasi yang biasa menjadi tempat buang sampah sembarangan, yakni di jalanan pasar yang biasa dilalui orang dan kendaraan bermotor, kini sudah bersih.

Suasana Pasar Induk Ajibarang usai sampah diangkut. 18 Maret 2021. (M Yusuf Fanany/detikcom)Suasana Pasar Induk Ajibarang setelah sampah diangkut. 18 Maret 2021. (M Yusuf Fanany/detikcom)

Berikut adalah perbandingan before (sebelum) dan after (sesudah) pengangkutan sampah di Pasar Ajibarang: