detikcom Do Your Magic

Kemproh Temen! Sampah Berserakan di Pasar Ajibarang, Banyumas

Mochammad Yusuf Fanany - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 17:11 WIB
Sampah menumpuk dan berserakan di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 14 Maret 2021. (M yusuf Fanany/detikcom)
Sampah menumpuk dan berserakan di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 14 Maret 2021. (M yusuf Fanany/detikcom)
Banyumas -

Pasar di Kabupaten Banyumas ini jorok banget. Sampah menumpuk dan berserakan di jalanan pasar, bau busuk menguar ke segala sudut pasar. Kemproh temen!

Pasar ini adalah Pasar Ajibarang di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tumpukan sampah bahkan sampai menutup jalanan dalam pasar.

detikcom Do Your Magic mengunjungi Pasar Ajibarang pada Minggu (14/3) kemarin.

Berbagai macam sampah dibuang di titik ini, mulai dari sayuran, plastik, bahkan bangkai binatang seperti ayam dan tikus juga ada. Hal tersebut menyebabkan bau yang sangat menyengat dan mengundang banyak lalat.

Sampah menumpuk dan berserakan di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 14 Maret 2021. (M yusuf Fanany/detikcom)Sampah menumpuk dan berserakan di Pasar Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, 14 Maret 2021. (M yusuf Fanany/detikcom)

Selain bau yang tidak sedap, sampah yang berceceran di jalanan membuat arus lalu lalang kendaraan menjadi terhambat. Jalanan dalam pasar ini memang bisa dilewati kendaran, dari sepeda motor bahkan truk.

Pedagang pisang dan pemilik usaha warung makan yang berjualan di sekitar tempat pembuangan ini merasakan imbas dari hal tersebut.

"Sampah ini sudah terjadi sejak bulan Februari kemarin, gara-gara itu orang jadi jarang datang ke warung, makanya kadang saya milih nutup warungnya aja," ucap Jito, pemilik salah satu warung makan saat dimintai keterangan, Minggu (14/3).

Meskipun setiap harinya terdapat jadwal pengangkutan sampah, namun hal itu tetap tidak bisa mengurangi jumlah tumpukan sampah tersebut. Menurut pengakuan Fajar, salah seorang pedagang pisang, penumpukan sampah ini terjadi karena tiga sebab.

Selanjutnya, tiga alasan sampah menumpuk: