Round-Up

Gugur Praperadilan Usai Habib Rizieq Walkout di PN Jakarta Timur

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 20:11 WIB
Habib Rizieq Shihab memenuhi panggilan kepolisian terkait kasus kerumunan di Petamburan, setelah ditetapkan sebagai tersangka. Habib Rizieq tiba di Polda Metro Jaya.
Habib Rizieq (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kandas asa Habib Rizieq Shihab dalam praperadilan yang diajukannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Sebab, hakim tunggal yang mengadili praperadilan menilai perkara utama yang menjerat Habib Rizieq sudah dilimpahkan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim).

Rizieq memang sudah mengikuti persidangan pada Selasa, 16 Maret 2021, di PN Jaktim secara virtual. Setidaknya ada tiga perkara yang dihadapi Rizieq, yaitu perihal dugaan penghasutan berbuntut kerumunan di Petamburan, Jakarta, kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, dan kasus terkait hasil tes swab di RS Ummi.

Untuk perkara kerumunan, majelis hakim menunda persidangan karena adanya persoalan teknis. Namun saat sidang perkara hasil tes swab, Habib Rizieq berkeras untuk dapat hadir langsung ke ruang sidang.

Di sisi lain, hakim beralasan persidangan virtual sudah diatur Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No 4 Tahun 2020 mengenai acara peradilan terkait pandemi virus Corona (COVID-19). Namun protes terus dilontarkan Rizieq dan pengacaranya hingga akhirnya mereka memilih walkout atau keluar dari ruang sidang.

"Maaf, Majelis Hakim, kalau mau dipaksakan sidang online, saya menyatakan diri tidak mengikuti sidang," kata Rizieq yang hadir secara virtual dalam sidang, Selasa (16/3/2021).

Setelah menyatakan walkout dari persidangan kepada majelis hakim, dalam visual yang ditampilkan Habib Rizieq tampak bangun dari kursi. Sembari menunjuk ke arah kamera, dia meminta agar kamera dimatikan.

Tampilan layar yang menampilkan Habib Rizieq tampak hilang. Meski begitu, suara dari ruang sidang Bareskrim Polri tetap terdengar. Habib Rizieq terdengar berdebat dengan petugas yang berada di ruangan tersebut. Dia meminta kembali ke selnya di Rutan Bareskrim.

Atas tindakan Habib Rizieq itu, ketua majelis hakim Khadwanto pun menegur jaksa. Khadwanto menegaskan terdakwa tidak boleh meninggalkan ruang persidangan seenaknya tanpa izin majelis.

"Tidak boleh terdakwa meninggalkan kursi ruang sidang tanpa izin majelis, harus seperti itu. Lah kalau terdakwa tanpa izin, seenaknya bisa berhenti sidang, keluar, ya, nggak pernah ada sidang berjalan, baik offline maupun online," tutur Khadwanto.

Lantas bagaimana kelanjutannya?

Lihat juga Video: Praperadilan Gugur, Habib Rizieq Akan Ajukan Judicial Review ke MK

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3