Round-Up

Gugur Praperadilan Usai Habib Rizieq Walkout di PN Jakarta Timur

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 20:11 WIB
Habib Rizieq Shihab memenuhi panggilan kepolisian terkait kasus kerumunan di Petamburan, setelah ditetapkan sebagai tersangka. Habib Rizieq tiba di Polda Metro Jaya.
Habib Rizieq (Ari Saputra/detikcom)

Khadwanto mengatakan penuntut umum wajib mendampingi dan menghadirkan terdakwa dalam persidangan melalui visual. Khadwanto kembali menekankan terdakwa tak boleh meninggalkan persidangan tanpa izin.

"Saudara wajib menghadirkan. Oleh karena itulah, harus ada petugas kejaksaan yang harus standby di sana, tidak boleh terdakwa meninggalkan ruang biovisual tanpa seizin majelis hakim. Saudara harus pahami itu," kata Khadwanto.

Khadwanto mengingatkan jaksa agar hal serupa tidak lagi terjadi dalam persidangan ke depan. Menurutnya, jika Habib Rizieq tidak dihadirkan, jaksa dianggap tidak dapat menghadirkan terdakwa dalam persidangan.

"Jadi saya tambahkan, untuk persidangan itu, penuntut harus standby di sana supaya sidang tetap berlangsung, bukan kali ini saja, tapi ke depannya itu harus standby di sana, terdakwa harus dihadirkan di ruang audio-visual itu tidak bisa tidak. Jadi apabila nanti dalam persidangan tidak bisa hadir kita anggap tidak bisa dihadirkan oleh penuntut umum," kata hakim.

Mendapat teguran hakim, jaksa pun menyebut Habib Rizieq lari dari ruang persidangan di Bareskrim Polri. Jaksa juga mengakui petugas tidak melakukan antisipasi terkait hal ini.

"Info sementara, Majelis, bahwa yang bersangkutan lari dari ruang sidang," kata jaksa dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021).

"Lari, lari dan petugas tidak mengantisipasi," imbuh jaksa.

Ketua majelis hakim Khadwanto lantas kembali memberikan peringatan kepada jaksa. Hakim lantas memberikan waktu 30 menit bagi jaksa untuk kembali menghadirkan Habib Rizieq ke ruang persidangan Bareskrim Polri.

"Peringatan dari Majelis, kalau seperti ini, tidak jalan sidangnya," kata hakim.

Pada akhirnya sidang tersebut ditunda. Hakim memerintahkan penuntut umum menghadirkan Rizieq secara virtual lagi di sidang selanjutnya.

Lantas apa pengaruhnya pada praperadilan Rizieq?