detikcom Do Your Magic

Lalu Lintas Jl Industri Bekasi Dinilai Lebih Lancar Usai Ada Perbaikan

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 16:38 WIB
Masyarakat menilai, perbaikan Jl Raya Industri Kab. Bekasi menjadi solusi kemacetan. Setelah diperbaiki, lalu lintas di Jl Raya Industri menjadi lancar.
Foto: Masyarakat menilai, perbaikan Jl Raya Industri Kab. Bekasi menjadi solusi kemacetan. Setelah diperbaiki, lalu lintas di Jl Raya Industri menjadi lancar (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kabupaten Bekasi -

Jl Raya Industri, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi baru saja diperbaiki. Masyarakat merasa senang karena perbaikan jalan mengatasi kemacetan di lokasi.

"Ya lumayan enak lah jadi lalu lintas lancar," ujar tukang ojek, Heriyanto yang sedang berada di lokasi, Selasa (16/3/2021).

Heri menganggap kendaraan yang menghentikan lajunya ketika melewati jalan rusak yang berada di sekitar PT Mulia Keramik menjadi salah satu penyebab kemacetan. Biasanya kemacetan memanjang hingga 1 km.

"Sangat, sangat berpengaruh, sebelum diperbaiki kan ini macetnya parah sampai ke kurang lebih 1 kilo ini," jelasnya.

Pemeliharaan ruas Jl Industri Mekarmukti-Cibarusah memang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun Heri berharap ke depan, ketika ada jalan rusak, harus Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Bekasi harus saling tanggap.

"Ya kalo ada jalan-jalan yang rusak gitu jangan nunggu ada korban (jatuh) dulu lah, harus cepat tanggap gitu, ini kan jalanan ada yang milik pemerintah Pemda, ada yang milik kabupaten, ada yang milik kecamatan juga, ya harus saling tanggap gitu," harapnya.

Sebelum diperbaiki, Heri mengatakan pengemudi motor kerap jatuh di jalan tersebut. Jalan yang berlubang dan banyak kerikil dikatakan sebagai penyebab.

"Sering, karena kan jalanannya banyak kerikil kecil," jelasnya.

Fiki Setiadi, seorang pekerja yang biasa melewati jalan tersebut sering terjebak macet saat jalan masih rusak. Kini Fiki merasa senang, jalan yang biasa dia lewati ketika berangkat kerja sudah tidak rusak.

"Ya jadi lancar, jadi nggak macet-macet lagi, biasanya kalau belum diperbaiki macet, gara-gara lubangnya itu dalam-dalam jadi bikin macet," ujarnya yang ditemui di lokasi.

Terkait gelombang bekas tambalan aspal harapannya memang bisa dihaluskan lagi. Namun dia mengatakan kini jalan sudah lebih baik dibanding sebelumnya yang tidak enak jika dilewati.

"Ya mendingan lah dibanding dulunya, dulunya nggak enak," ungkapnya.

(aik/aik)