detikcom Do Your Magic

Jl Raya Industri Bekasi Sudah Bebas Genangan Mengganggu Meski Hujan

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 15:10 WIB
Jl Raya Industri Bekasi bebas genangan berbahaya meski diguyur hujan lebat.
Jl Raya Industri Bekasi bebas genangan berbahaya meski diguyur hujan lebat. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kabupaten Bekasi -

Hujan deras mengguyur Jl Raya Industri, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, siang ini. Meski diguyur hujan, Jl Raya Industri yang dulu rusak, tidak lagi terendam genangan.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (16/3), hujan deras mengguyur lokasi sekitar 15 menit. Pada pukul 14.00 WIB, gerimis masih ada di lokasi sekitar PT Mulia Keramik tersebut.

Di titik jalan yang diperbaiki, genangan hampir tak terlihat berada di badan jalan. Air mengalir dan menggenang di bahu jalan yang dibuat untuk saluran air. Meski saluran tersebut masih proses pembuatan dan belum selesai.

Arus lalu lintas cukup lengang. Banyak kendaraan yang melaju dengan kecepatan cukup tinggi. Kendaraan yang melintas juga bisa melaju dengan lancar tanpa perlu takut ada lubang tertutup genangan.

Petugas yang sedang mengerjakan saluran air sempat menghentikan pekerjaannya karena hujan cukup deras. Kini pekerjaan dilanjutkan dengan menggali bahu jalan yang difungsikan untuk mencegah air menggenang di badan jalan.

Rencananya bahu jalan akan dibuat saluran air sementara. Panjang saluran tersebut dibuat sepanjang 50 meter dan merupakan saluran air sementara. Pembuatan saluran air permanen yang terhubung dengan Kali Kecil Bekasi dikerjakan ketika jalan sudah dibeton yang rencananya akan terlaksana di tahun 2022.

"Kalau kemarin itu untuk tahun depan betonisasi termasuk saluran air. Tapi kan harus koordinasi dulu ke Mulia Keramik, apa dia mau terima tampungan air semua masuk ke situ kan," kata Pengamat Jalan Dinas BMPR Provinsi Jabar Agus Salim saat dihubungi, Selasa (16/3/2021).

Namun, genangan tetap terjadi di titik lain yang tidak dilalui oleh saluran air, seperti di depan Indomaret. Ketinggian genangan tidak dalam, tidak sampai 5 cm.

Simak Video: Lewati Jl Raya Industri di Kabupaten Bekasi Serasa Offroad

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)