detikcom Do Your Magic

Saluran Air Permanen di Jl Industri Bekasi Dikerjakan Tahun Depan

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 12:56 WIB
Pekerjaan saluran air di Jl Industri Kabupaten Bekasi.
Foto: Pekerjaan saluran air di Jl Industri Kabupaten Bekasi (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kabupaten Bekasi -

Meski saat ini sedang mengerjakan saluran air, namun pekerjaan itu bukanlah pekerjaan permanen di Jl Industri, Cikarang Selatan, Bekasi. Pekerjaan saluran permanen baru akan dikerjakan tahun depan berbarengan dengan pembetonan dan peninggian jalan.

"Kalau kemarin itu, untuk tahun depan betonisasi termasuk saluran air. Tapi kan harus koordinasi dulu ke Mulia Keramik, apa dia mau terima tampungan air semua masuk ke situ kan," kata Pengamat Jalan Dinas BMPR Provinsi Jabar Agus Salim saat dihubungi, Selasa (16/3/2021).

Saat ini, saluran air yang sedang dikerjakan petugas Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat (Jabar) merupakan pengupasan beton di Bahu Jalan. Ada masalah lain jika dibuat drainase tanpa meninggikan jalan.

"Kalau penggalian saluran percuma, nanti pasti ngantong (menggenang) di situ airnya, soalnya titik pembuangan air kan di Mulia Keramik, mulia keramik kan tinggi itu, itu jadi ngantong, jadi masalah baru nanti," kata Agus.

Titik pembuangan air berada di sekitar PT Mulia Keramik. Sedangkan jalan tersebut lebih tinggi dari titik kerusakan jalan. Agus sedang mengupayakan agar air tidak menggenang di badan jalan.

"Ya kita biar air langsung turun ke bahu jalan, biar mengarah ke saluran gitu, kalau saya lihat itu kan beda tinggi tuh badan jalan dan bahu jalan, cekung gitu, jadi kita kupas dulu bahu jalan 5 cm," ujarnya.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 11.36 WIB, petugas masih mengerjakan pembuatan saluran sementara tersebut. Saluran tersebut merupakan bahu jalan yang dikupas agar air tidak menggenang di badan jalan.

Jalan tersebut memang lebih cekung. Jalan sepanjang 75 meter tersebut belum dibeton berbeda dengan di depan dan belakangnya yang sudah dibeton. Di pinggir jalan yang merupakan halaman PT Proton Liftindo juga lebih tinggi dari badan jalan.

Usai dilakukan pengaspalan jalan memang terlihat lebih tinggi, sebelumnya terlihat jelas jalan tersebut berbentung cekung. Kini lubang-lubang besar di tengah jalan juga sudah tidak nampak.

(aik/aik)