Siswi Dicabuli di Kapal, Sekolah Diminta Beri SOP Perlindungan Magang

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 08:12 WIB
Kapten kapal dikeroyok massa karena diduga mencabuli mahasiswi yang magang menjadi ABK (Screenshot video viral)
Kapten kapal dikeroyok massa karena diduga mencabuli mahasiswi yang magang menjadi ABK. (Screenshot video viral)
Jakarta -

Siswi yang berkali-kali dicabuli hingga hendak diperkosa kapten kapal berinisial AK ternyata sudah 3 bulan magang menjadi ABK di kapal AK. Lantas, bagaimana aturan magang di kapal yang berlayar bagi seorang siswi.

Di sejumlah sekolah vokasi, magang merupakan bagian dari pendidikan. Misalnya, hal ini diterapkan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Seperti dikutip dari laman resmi STIP Jakarta, semester 5 dan 6 diisi dengan kerja praktik (magang) di pelabuhan dan perusahaan pelayaran selama 1 (satu) tahun penuh.

Bahkan, magang juga bagian dari Diklat Pelaut. Sebagai contoh, masa layar mencapai 24 bagi siswi yang menjadi AB mesin (Able Seafarer Engine).

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Nizam mengatakan program magang adalah bagian dari pendidikan studi vokasi. Ada kampus yang menjadikan pilihan, ada pula yang menjadikannya pilihan.

"Di program studi vokasi magang merupakan kewajiban, bagian dari kurikulum. Di program studi akademik umumnya magang sebagai pilihan, tapi ada juga yang wajib, tergantung prodinya," kata Nizam saat dihubungi, Senin (15/3/2021).

Dia pun mengecam aksi bejat kapten AK yang mencabuli siswi yang sedang magang.

"Hal tersebut tidak boleh terjadi. Kalau betul terjadi, itu kriminal, harus ditindak oleh yang berwenang," ujarnya.

Nizam mengatakan bahwa saat ini Kemendikbud sedang menyiapkan Peraturan Mendikbud tentang kampus bebas kekerasan seksual. Dia juga mengatakan seharusnya kampus membuat SOP dengan mitra terkait penempatan magang mahasiswi atau mahasiswa.

"Permendikbud tentang kampus bebas kekerasan seksual sedang disiapkan. Untuk kegiatan di luar kampus (atau sekolah, red) harusnya ada SOP yang disepakati bersama dengan mitra untuk melindungi mahasiswa/i," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, aksi kapten AK yang mencabuli siswi yang magang di kapalnya viral. Selama magang, korban terus berjuang agar tak diperkosa AK.

"Kalau nggak salah sudah sekitar 3 bulan (korban magang di kapal tersangka)," kata Kapolsek Bondoala, Konawe, Ipda Reginald Sujono saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (15/3/2021).

Simak video 'Viral Mahasiswi Magang Jadi ABK Dicabuli Kapten Kapal':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2