Round-Up

Geger Konvoi Porsche Ugal-ugalan Dikawal Dishub di Tol Jagorawi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 06:30 WIB
Polisi tilang pengemudi Porsche yang ugal-ugalan (Istimewa)
Foto: Polisi tilang pengemudi Porsche yang ugal-ugalan (Istimewa)
Jakarta -

Seorang pengemudi mobil sport Porsche ditilang polisi karena ugal-ugalan di Tol Jagorawi. Tidak hanya itu, kejadian itu menjadi sorotan karena mobil Porsche tersebut dikawal petugas Dinas Perhubungan (Dishub).

Dirangkum detikcom, peristiwa itu terjadi di off ramp Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada Jumat (12/3/2021) pagi. Kasubdit Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal langsung menyetop pengemudi Porsche bernopol L-1151-FF berwarna merah itu.

Akmal menyebut, pengemudi tersebut ugal-ugalan dan melakukan zig-zag saat berkendara. Polisi kemudian menyetop dan menilangnya.

"Ya etika berlalu lintasnya kurang, sama ngebut ya. Itu kan nyalip di kiri, nyalip di kanan, itu kan berkendara yang membahayakan kendaraan lain," kata Akmal saat dimintai konfirmasi, Sabtu (13/3/2021).

Konvoi 25 Kendaraan

Menurut Akmal, pengemudi tersebut merupakan rangkaian dari konvoi mobil sport. Total ada 25 mobil mewah yang konvoi di Tol Jagorawi mengarah ke Bogor pada pagi itu.

Konvoi kendaraan tersebut dikawal oleh petugas Dishub. Akmal mempersoalkan Dishub yang melakukan pengawalan, yang mana sebetulnya bukan kewenangannya.

"Ya mereka dikawal sama Dishub dan sebenarnya nggak boleh. Entah gimana itu kayaknya rombongan ketinggal, tapi maju semua. Saya saja disalip kiri, disalip kanan sama mereka. Akhirnya salah satu dari mereka saya hentikan. Saya tilang," terang Akmal.

Menurut Akmal, konvoi kendaraan tersebut tidak hanya menggunakan satu lajur. Alhasil, konvoi kendaraan pun jadi nggak 'beres'.

"Kok Dishub yang mengawal? Akhirnya yang di belakang keteteran, jadi mereka menggunakan lajur satu dan dua. Namanya dikawal kan harus sejalur," sambung dia.

Simak di halaman selanjutnya, ketentuan pengawalan kendaraan

Saksikan video 'Dirlantas Polda soal Konvoi Porsche Dikawal Dishub: Itu Kewenangan Polri':

[Gambas:Video 20detik]