Wagub DKI Akan Cek soal Dishub Kawal Konvoi Porsche Ugal-ugalan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 15:20 WIB
Polisi tilang pengemudi Porsche yang ugal-ugalan (Istimewa)
Polisi tilang pengemudi Porsche yang ugal-ugalan (Istimewa)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan mengecek soal konvoi pengemudi Porsche yang ugal-ugalan dan dikawal Dishub di Jalan Tol Jagorawi. Riza akan memastikan soal tujuan konvoi tersebut.

"Terkait berita yang beredar nanti kami akan cek kebenarannya apa betul ada Dishub yang membawa mengawal mobil mewah dari Jakarta ke Bogor, untuk kepentingan dan tujuan apa nanti kami akan cek," ujar Riza di Jakarta Internasional Velodrome, Senin (15/3/2021).

Riza menyebut informasi yang beredar mesti dicek lebih dulu. Dia menyebut Pemprov DKI memberikan pelayanan kepada seluruh warga, termasuk terkait transportasi.

Namun, dia menyebut ada ketentuan yang diperbolehkan dan tidak. Untuk itu, Riza akan mengecek lebih dulu.

"Jadi kasus ini kami akan cek," jelas dia.

detikcom sudah mencoba menghubungi Kadishub DKI Syafrin Liputo, baik melalui sambungan telepon maupun pesan singkat, untuk mengonfirmasi hal ini. Namun belum ada respons dari pihak Dishub.

Sebelumnya, pihak kepolisian telah menjelaskan soal konvoi Porsche yang dikawal Dishub ini. Polisi menjelaskan bahwa Dishub tidak memiliki kewenangan mengawal konvoi kendaraan.

"Ya mereka dikawal sama Dishub dan sebenarnya nggak boleh," kata Kasat PJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal saat dihubungi detikcom, Senin (15/3/2021).

Akmal mengatakan aturan dalam melakukan pengawalan kendaraan itu telah tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam aturan tersebut dijelaskan pihak yang boleh melakukan pengawalan terhadap pengendara adalah kepolisian saja.

"Bahwa dalam pengawalan dijelaskan pada Pasal 135 ayat 1 UU Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009 kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana dimaksud dalam pasal 134 harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia," terang Akmal.

Selain itu, Akmal menyebutkan, dari ketentuan dan fungsi dari Dishub yang diatur dalam UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tersebut, pengawalan pengendara tidak masuk fungsi dari Dishub.

"Salah satu persoalannya kan mereka dikawal sama Dishub. Ada kewenangan masing-masing, Dishub nggak boleh kawal," tegas Akmal.

Berdasarkan UU 22 Tahun 2009, maka tugas dan fungsi Dinas Perhubungan adalah sebagai berikut:

1. Penetapan rencana umum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
2. Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas;
3. Persyaratan teknis dan laik jalan Kendaraan Bermotor;
4. Perizinan angkutan umum;
5. Pengembangan sistem informasi dan komunikasi di bidang sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;
6. Pembinaan sumber daya manusia
penyelenggara sarana dan prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; dan
7. Penyidikan terhadap pelanggaran perizinan angkutan umum, persyaratan teknis dan kelaikan Jalan Kendaraan Bermotor yang memerlukan keahlian dan/atau peralatan khusus yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang.

Simak Video: Dirlantas Polda soal Konvoi Porsche Dikawal Dishub: Itu Kewenangan Polri

[Gambas:Video 20detik]



(idn/fjp)