Pemprov Bali Pastikan Bandara dan Pelabuhan Tutup 24 Jam Saat Nyepi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 22:17 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai akan menghentikan operasionalnya sementara Minggu (14/3) mendatang. Penutupan dilakukan karena bertepatan dengan perayaan Nyepi.
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Denpasar -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali memastikan seluruh kegiatan perhubungan, termasuk bandara dan pelabuhan, tutup selama Hari Raya Nyepi 2021. Kebijakan ini normal dilakukan saat hari Nyepi seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Nyepi sudah keluar (kebijakan) dari Pak Gubernur, kita tutup selama Nyepi. Semua pelabuhan semua bandara normal lah (seperti dulu) enggak ada (beroperasi)," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gde Wayan Samsi Gunarta, di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jumat (12/3/2021) malam.

Menurut Samsi, penutupan ini sekarang lebih mudah untuk dilakukan. Terlebih sudah lama tidak ada penerbangan internasional menuju Pulau Dewata akibat pandemi COVID-19.

Penutupan Bandara dan pelabuhan ini sesuai dengan aturan dilakukan selama 24 jam dari Minggu (14/3) pukul 06.00 Wita sampai Senin (15/3) pukul 06.00 Wita. Akan tetapi sebagian pelabuhan bakal menutup operasionalnya dari pukul 00.00 Wita.

"Sebetulnya jam 6 (pagi) dimintanya, tapi sebagian pelabuhan sudah akan menutup dini. Jadi tengah malam kayaknya sudah tutup. Karena kalau dibiarkan lewat (dini hari), pagi dia juga bisa lewat kan. Itu yang kita hindarkan. Jadi sebagian pelabuhan dia akan tutup dini (hari)" terangnya.

Meski dilakukan penutupan serangkaian hari raya, pelabuhan dan bandara masih tetap melakukan pelayanan apabila terjadi kedaruratan. Terlebih masih ada Satgas COVID-19 yang bertugas.

"Kedaruratan normal lah, tinggal report kan. Kebetulan kita masih ada Satgas yang bekerja. Dan sebetulnya kami juga kerja terus," kata dia.

Simak berita soal citra pariwisata Bali.

Selanjutnya
Halaman
1 2