detikcom Do Your Magic

Tolong! Guiding Block Tunanetra Nabrak Tiang di Jl Veteran I Jakpus

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 18:24 WIB
D Jl Veteran I Jakarta Pusat, guding block terhalang oleh tiang lampu Penerang Jalan Umum (PJU).
Di Jl Veteran I Jakarta Pusat, guding block terhalang oleh tiang lampu Penerang Jalan Umum (PJU). (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Keberadaan garis kuning di trotoar (guiding block) berguna sebagai penunjuk jalan bagi tunanetra. Sayangnya, di Jl Veteran I, Jakarta Pusat, arah guiding block tersebut bisa menuntun langkah tunanetra untuk menabrak tiang.

Pantauan detikcom, Rabu (10/3/2021) pukul 17.25 WIB, guiding block di trotoar yang berada di seberang kedai Ragusa Es Italia terhalang oleh tiang Penerangan Jalan Umum (PJU). Ada dua tiang yang berdiri menghalangi jalur guiding block di trotoar sepanjang 300 meter tersebut.

Trotoar ini menghubungkan pejalan kaki dari Stasiun Juanda, Jl Ir H Juanda, menuju Jl Medan Merdeka Utara atau seputaran Monas, Gambir. Dari titik guiding block yang menabrak tiang ini, pejalan kaki sudah bisa melihat pucuk emas Monas. Guiding block ini juga dekat dengan kali.

Trotoar di seberangnya juga mempunyai fasilitas guiding block, tapi arah guiding block bisa lurus tanpa terhalang tiang atau benda apa pun.

Masalah guiding block di trotoar tersebut dikeluhkan oleh akun Instagram Koalisi Pejalan Kaki @koalisipejalankaki. Akun tersebut mengunggah gambar guiding block yang terhalang oleh tiang PJU pada Selasa (9/3) kemarin.

"Mentok tiang di (Seberang) Ragusa," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

D Jl Veteran I Jakarta Pusat, guding block terhalang oleh tiang lampu Penerang Jalan Umum (PJU).Di Jl Veteran I Jakarta Pusat, guding block terhalang oleh tiang lampu Penerang Jalan Umum (PJU). (Afzal Nur Iman/detikcom)

Simak Video: Pemprov DKI Anggarkan Rp 100 Miliar untuk Tata Trotoar

[Gambas:Video 20detik]




(aik/dnu)