Libatkan Pawang, Begini Pencarian Bocah di Kaltim Diterkam Buaya 6 Meter

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 03:52 WIB
Libatkan Pawang, Begini Pencarian Bocah di Kaltim Diterkam Buaya 6 Meter
Foto: Dok. TNI AL
Jakarta -

Personel TNI Angkatan Laut dari Pos Angkatan Laut (Posal) Muara Bengalon ikut ikut menangkap buaya yang menerkam bocah 8 tahun berinisial ADM asal Bengalon, Kutai Timur, Kaltim. Pencarian buaya ini dilakukan dengan melibatkan pawang.

Buaya tersebut ditemui di sungai Tempakul sekitar 100 meter dari tempat kejadian, pada Kamis (4/3). Tim SAR dalam pencarian terdiri dari personel Posal Muara Bengalon, Babinsa Muara Bengalon, Polairud Muara Bengalon, Basarnas Kabupaten Kutai Timur, Satpol PP Kecamatan Bengalon, Ormas Laskar Kebangkitan Kutai dan Masyarakat nelayan Desa Muara Bengalon.

Selain itu tim juga mengajak pawang dari ormas Kebangkitan Kutai, untuk mengetahui posisi hingga dilakukan penangkapan buaya.

Pencarian dimulai dari adanya informasi buaya memangsa bocah 8 tahun di sungai Tempakul, Desa Muara Bengalon Kecamatan Bengalon (3/3). Tim SAR gabungan lantas melakukan pencarian menyisir sungai Tempakul dan (4/3).

Sekitar pukul 11.30 tim SAR berhasil menemukan seekor buaya besar kurang lebih 6 meter. Untuk melacak keberadaan buaya tersebut dengan mengajak pawang yang berasal dari Ormas Laskar Kebangkitan Kutai.

Setelah buaya diketahui keberadaannya supaya tidak membahayakan orang, buaya tersebut ditombak dibagian kepala dan disetrum. Selanjutnya buaya dibawa ke pinggir sungai, untuk kemudian dibelah.

Jasad korban ditemukan di dalam perut buaya dalam keadaan utuh saat dilakukan evakuasi. Di tubuh korban hanya ditemukan luka bekas gigitan di bagian tangan.

Lihat juga video 'Buaya Muncul Berkali-kali di Pantai Tiku, Spanduk Peringatan Dipasang':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)