Kasad Serahkan Jabatan Wakasad dan Sertijab Pangdam Diponegoro-Pattimura

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 20:48 WIB
Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan jabatan Wakasad kepada Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. Kasad juga memimpin sertijab untuk Pangdam Diponegoro dan Pangdam Pattimura (dok Dispenad)
Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan jabatan Wakasad kepada Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. Kasad juga memimpin sertijab untuk Pangdam Diponegoro dan Pangdam Pattimura. (dok Dispenad)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) kepada Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. Mayjen Bakti mengisi posisi Wakasad setelah Letjen TNI Herman Asaribab meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan dari Dinas Penerangan TNI AD (Dispenad), upacara penyerahan jabatan ini digelar di Tribun Gedung E, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Jabatan Wakasad sempat mengalami kekosongan dan diserahkan kepada Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa setelah pejabat Wakasad sebelumnya, Letjen TNI Herman Asaribab meninggal dunia pada 14 Desember 2020.

Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari sebelumnya menjabat Pangdam IV/Diponegoro dan pernah menjabat Asisten Teritorial (Aster) Kasad pada periode 25 Januari 2019-18 Juni 2020. Pengangkatan Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021 tanggal 23 Februari 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan jabatan Wakasad kepada Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. Kasad juga memimpin sertijab untuk Pangdam Diponegoro dan Pangdam Pattimura (dok Dispenad)Foto: dok Dispenad

Pria lulusan Akademi Militer 1987 ini memiliki berbagai pengalaman tugas dan jabatan strategis di lingkungan Angkatan Darat, termasuk berbagai penugasan operasi militer juga telah banyak dilaluinya.

Mayjen Bakti menikah dengan Kapten Ckm (K) Baiq Dewi Komalasari dan telah dikaruniai dua putra, Alif Fadjari dan Kautsar Fadjari. Jenderal bintang dua ini lahir di Purwokerto, Jawa tengah, pada 1 Agustus 1964.

Dengan promosi Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari menduduki jabatan Wakasad, jabatan Pangdam IV/Diponegoro juga beralih kepada Mayjen TNI Rudiyanto, yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kementerian Polhukam RI.

Selain penyerahan jabatan Wakasad, Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin serah-terima jabatan (sertijab) Pangdam IV/Diponegoro, Pangdam XVI/Pattimura, dan Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Kadislitbangad).

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan jabatan Wakasad kepada Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. Kasad juga memimpin sertijab untuk Pangdam Diponegoro dan Pangdam Pattimura (dok Dispenad)Foto: dok Dispenad

Jabatan Pangdam XVI/Pattimura diserahterimakan dari Mayjen TNI Agus Rohman kepada Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin. Mayjen TNI Jeffry sebelumnya menjabat Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam RI. Sementara Mayjen TNI Agus Rohman akan menempati pos jabatan baru sebagai Pangkogabwilhan III.

Terakhir, jabatan Kadislitbangad diserahterimakan dari Brigjen TNI Marjani kepada Kolonel Inf Terry Tresna Purnama. Sedangkan Brigjen TNI Marjani menduduki jabatan baru sebagai Bandep Urusan Informasi dan Pengolahan Data Setjen Wantanas RI.

(jbr/gbr)