Massa Mulai Berdatangan, Arena KLB Partai Demokrat Dijaga Ketat

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 10:18 WIB
Massa mulai berdatangan ke arena KLB Partai Demokrat (Ahmad Arfah-detikcom)
Massa mulai berdatangan ke arena KLB Partai Demokrat (Ahmad Arfah/detikcom)
Sibolangit -

Massa mulai memasuki arena perhelatan politik yang diklaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD). Massa datang menggunakan mobil hingga bus.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (5/3/2021), massa mulai ramai berdatangan pukul 09.30 WIB. Setiap orang yang datang akan melewati pemeriksaan identitas oleh petugas.

Setelah identitas diperiksa, peserta diminta masuk ke bilik disinfektan yang berada di pintu dekat gerbang pertama hotel. Peserta yang masuk kemudian harus melalui penjagaan di gerbang kedua.

Di sini kembali peserta di cek identitasnya. Penjagaan ketat dilakukan oleh petugas keamanan hotel dan penyelenggara. Hanya peserta yang diizinkan masuk ke arena KLB.

Sebelumnya, acara yang menamakan diri KLB Partai Demokrat bakal digelar hari ini di Sumatera Utara. Arena KLB di The Hill Hotel and Resort Deli Serdang, Sumatera Utara, dijaga ketat petugas keamanan hotel dan petugas dari panitia KLB.

Pantauan detikcom mulai Kamis (4/3) malam di lokasi, semua mobil yang masuk diberhentikan oleh petugas di pintu penjagaan. Orang-orang yang hendak masuk didata dan disesuaikan dengan undangan panitia.

Sejumlah mobil terlihat hilir mudik di depan pintu masuk hotel. Sejumlah peserta terlihat memasuki wilayah hotel.

Terlihat peserta yang hadir itu mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin. Nazaruddin terlihat keluar dari dalam mobil saat harus memasuki bilik disinfektan di depan pintu penjagaan hotel tadi malam.

Pendiri PD, HM Darmizal MS, mengklaim acara yang disebutnya sebagai KLB akan dihadiri sekitar 1.200 peserta, yang terdiri atas peserta DPC dan DPD serta tamu undangan.

"(Insyaallah) KLB dilaksanakan pada Jumat (5 Maret 2021) siang. Peserta yang sudah menyatakan siap hadir sebanyak 1.200 orang. Terdiri DPC, DPD, organisasi sayap, dan semua tamu undangan," kata Darmizal dalam keterangan tertulis, Jumat (5/3).

Satgas COVID-19 Sumut mengkritik acara tersebut karena berpotensi menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Corona. Pihak Satgas COVID-19 meluncur ke lokasi acara.

"Yang pasti, Satgas sangat menyayangkan seandainya itu terjadi di situasi yang seperti sekarang. Pasti kalau 1.200, kita lihat saja space di The Hill itu seperti apa," ucap jubir Satgas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah.

Simak video 'Suasana Arena KLB Partai Demokrat di Sumut Pagi Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)