Namanya Disebut dalam Isu Kudeta PD di Sumut, Marzuki Alie: Nggak Tahu

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 17:58 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie mengaku mendapat dukungan dari para kader daerah untuk maju sebagai Caketum pada kongres di Surabaya pada bulan Mei mendatang. Marzuki mengaku mewadahi dukungan para kader dan siap maju sebagai caketum saat dijumpai di kantornya, Rabu (22/4/2015). Rachman Haryanto/detikcom.
Marzuki Alie (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Mantan Sekjen Partai Demokrat Marzuki Alie membantah klaim Andi Arief yang menuding dirinya terlibat upaya kudeta Partai Demokrat di Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut). Marzuki menyebut tidak tahu terkait rencana tersebut.

"Saya nggak tahu, masih di Jakarta," kata Marzuki Alie saat dihubungi, Kamis (4/3/2021).

Marzuki menekankan, jika hendak melakukan kudeta, menurutnya, ia tidak perlu jauh-jauh hingga ke Sumut. Dia memastikan upaya itu bisa saja dilakukan di Jakarta jika benar.

"Ngapain di sana kalau mau bertemu, di Jakarta cukup kalau mau," ucapnya.

Marzuki Alie pun memastikan tidak mengerti apakah Andi Arief berbohong atas pernyataannya yang menyebut sejumlah tokoh berencana melakukan kudeta partai pada Maret ini di Sumut. "Saya nggak ngerti," ujarnya.

Sebelumnya, Andi Arief mengungkapkan apa yang disebutnya upaya kudeta terhadap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Upaya kudeta itu disebut akan dilakukan Maret ini di Sumatera Utara (Sumut).

"Ini bukan desas desus Pak Moeldoko dan sebagian kader akan melakukan kudeta. Temuan tim kami terjadi di Hotel The Hi** di Sibolangit Kabupaten Deli Serdang," kata Andi Arief dalam cuitan yang dibagikan PD kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Andi Arief menyebut, setelah timnya sampai di lokasi, mereka menanyakan kegiatan yang mengatasnamakan Partai Demokrat. Resepsionis, kata Andi Arief, menjawab kegiatan Demokrat tidak ada.

Andi Arief lalu meminta timnya itu menanyakan daftar tamu dari luar kota. Dari situ, katanya, ditemukan nama seperti Moeldoko hingga Jhoni Allen Marbun.

"Setelah kami cek meminta siapa yang datang tamu-tamu dari luar kota maka ditemukan sejumlah nama-nama seperti Jhoni Allen, Nazaruddin, Marzuki Alie, Moeldoko, Darmizal, Ahmad Yahya, Max Sopacua, dan lain-lain," ucap Andi Arief.

"Nama-nama tersebut di atas Jhoni Allen Marbun belum check-in, rencana mereka akan check-in hari Jumat. Info resepsionis. Pada jam 24.00 WIB ditemukan di lapangan ajudan Jhoni Allen, yaitu Roy Simanjuntak, dan Ketua GAMKI Sumut Landen Marbun lagi meninjau hall kegiatan acara," imbuhnya.

Lihat juga Video: Berkas Tak Lengkap, Polri Tolak Laporan Marzuki Alie terhadap AHY

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)