Disebut di Isu Kudeta PD, GAMKI Tegaskan Tak Terlibat

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 17:18 WIB
GAMKI Apresiasi Polri Tetapkan Ambroncius Nababan Tersangka Kasus Rasial
Foto: Willem Wandik (kanan) (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Nama DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) disebut Ketua Bappilu Partai Demokrat (PD) Andi Arief terkait isu kudeta. Nama GAMKI disebut-sebut dipakai sebagai pelaksana cara diduga KLB PD. DPP GAMKI mendalami informasi ini.

"DPP GAMKI telah menelusuri dan mengkonfirmasi kepada Dewan Pimpinan Daerah GAMKI Provinsi Sumatera Utara terkait persoalan ini. Dapat kami tegaskan bahwa DPD GAMKI Provinsi Sumatera Utara ataupun DPC GAMKI se-Sumatera Utara tidak pernah melaksanakan kegiatan ataupun pertemuan apapun di Hotel The Hi** pada tanggal 4-6 Maret 2021," kata Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Willem menegaskan GAMKI adalah organisasi yang independen dan tidak terafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi manapun. Fungsionaris pengurus ataupun anggota GAMKI baik di pusat maupun daerah, katanya, diberikan kebebasan, hak berdemokrasi, dan hak berpolitik secara pribadi masing-masing untuk terlibat dalam organisasi masyarakat ataupun partai politik.

Namun, GAMKI memiliki kebijakan untuk tidak ikut campur dalam urusan internal organisasi lain, baik itu organisasi masyarakat maupun partai politik yang sedang berpolemik dan inkonstitusional. Karena itu, GAMKI kini membentuk tim pencari fakta usai disebut-sebut Andi Arief dalam polemik PD.

"Saat ini kami sedang membentuk tim pencari fakta, untuk menelusuri apakah ada oknum yang telah membawa-bawa nama organisasi GAMKI dalam mempersiapkan pertemuan di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang," kata Willem.

"Siapapun orang yang terbukti mengkait-kaitkan organisasi GAMKI dalam urusan internal organisasi lainnya, kami dari DPP GAMKI akan melakukan langkah organisasi ataupun langkah hukum lainnya secara tegas dan terukur. Kami meminta semua pihak untuk tidak mengkait-kaitkan organisasi GAMKI dengan polemik partai politik yang sedang terjadi saat ini," tegas Willem.

Andi Arief sebelumnya mengungkapkan apa yang disebutnya upaya kudeta terhadap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Upaya kudeta itu disebut akan dilakukan Maret ini di Sumatera Utara (Sumut).

Andi Arief menyebut, setelah timnya sampai di lokasi hotel diduga tempat KLB akan berlangsung, mereka menanyakan kegiatan yang mengatasnamakan Partai Demokrat. Resepsionis, kata Andi Arief, menjawab kegiatan Demokrat tidak ada namun ada kegiatan GAMKI. Tim PD kemudian meminta nama-nama tamu dari luar kota dan dia mengklaim ada nama Kepala KSP Moeldoko hingga Jhoni Allen Marbun yang tengah dikaitkan dengan isu kudeta PD.

"Akan tetapi yang ada kegiatan GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia) yang dilaksanakan selama 3 hari Kamis, Jumat dan Sabtu," sebut Andi Arief.

"Setelah kami cek meminta siapa yang datang tamu-tamu dari luar kota maka ditemukan sejumlah nama-nama seperti Jhoni Allen, Nazaruddin, Marzuki Alie, Moeldoko, Darmizal, Ahmad Yahya, Max Sopacua dan lain-lain," ucap Andi Arief.

Lihat juga Video: Isu Kudeta Partai Demokrat yang Menyeret Jenderal Moeldoko

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)