Pemprov DKI Menang Lawan Pengusaha soal Pembatalan Lelang Proyek Jalan Berbayar

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 16:27 WIB
Sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di DKI Jakarta dibatalkan tahun ini. Yuk tengok lagi Jalan Rasuna Said yang akan menerapkan sistem ERP.
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menang melawan Bali Towerindo Sentra terkait lelang Pembangunan Sistem Jalan Berbayar Elektronik (Electronic Road Pricing/ERP) tahun 2019. Pemprov DKI menang di peradilan tingkat kasasi.

Kasus bermula saat Panitia Pengadaan Barang/Jasa Pembangunan Sistem Jalan Berbayar Elektronik Provinsi DKI Jakarta pada Juli 2018. Lelang diikuti oleh PT Bali Towerindo Sentra Tbk dan Bali Towerindo memenangi pralelang.

Pada 2 Agustus 2019, Pemprov DKI membatalkan proses lelang itu secara sepihak. Pemprov DKI mencabut Surat Pengumuman Pembatalan Lelang dengan ID Lelang 33620127. Atas pembatalan lelang itu, Bali Towerindo Sentra tidak terima dan menggugat Pemprov DKI ke PTUN Jakarta. Gayung bersambut. Gugatan dikabulkan.

Pada 3 Maret 2020, PTUN Jakarta memutuskan menyatakan batal objek sengketa berupa: Surat Pengumuman Pembatalan Lelang dengan ID Lelang 33620127, dengan Nama Paket: Pembangunan Sistem Jalan Berbayar Elektronik tanggal 2 Agustus 2019.

Atas hal itu, Pemprov DKI Jakarta mengajukan keberatan dengan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi TUN Jakarta. Namun lagi-lagi Pemprov DKI kembali kalah.

Tidak patah semangat, Pemprov DKI mengajukan kasasi. Keadaan berbalik 180 derajat dengan hasil kemenangan di Pemprov DKI Jakarta.

"Kabul kasasi. Batal judex facti. Adili sendiri: eksepsi tidak diterima. Tolak gugatan," demikian bunyi amar putusan yang dikutip dari website MA, Kamis (4/3/2021).

Duduk sebagai ketua majelis Irfan Fachruddin dengan anggota Yosran dan Sudaryono. Adapun panitera pengganti perkara nomor 76 K/TUN/2021 yaitu M Usahawan.

Simak juga Video: Siap-siap! Jalan Berbayar di Jakarta Mulai Diterapkan Tahun 2020

[Gambas:Video 20detik]



(asp/man)